Berita Kota Mojokerto

Dongkrak Pelayanan Minimal di Kota Mojokerto, Ning Ita Fokus Perbaiki Kinerja di OPD

SPM merupakan bentuk capaian pemda dalam memberikan pelayanan dasar bagi masyarakat di Kota Onde-onde ini.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Deddy Humana
surya/mohammad romadoni
Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari melakukan sidak pembangunan Rehab Pasar hewan Sekar Putih di Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari. 

SURYA.CO.ID, KOTA MOJOKERTO - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari menginstruksikan ke seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan pelayanan publik. Ini menyusul predikat Kota Mojokerto sebagai kota terbaik dalam penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Berdasarkan Indeks Pencapaian SPM Nasional Pra Triwulan IV dari Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Kota Mojokerto meraih penilaian tertinggi untuk SPM kota di Jawa Timur yakni sekitar 98,86 persen.

Adapun SPM paling tinggi yaitu meliputi bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebesar 100 persen. Lalu, pendidikan 99,81 persen, kesehatan 97,83 persen, Trantibumlinmas 96,34 persen dan bidang sosial 99,20 persen.

Wali kota yang disapa Ning Ita itu mengatakan SPM merupakan bentuk capaian pemda dalam memberikan pelayanan dasar bagi masyarakat di Kota Onde-onde ini.

"Sudah sepatutnya capaian SPM harus lebih unggul dibandingkan daerah lain yang memiliki cakupan luas wilayah dan jumlah penduduk lebih besar. Tetapi tentu kita tidak boleh berpuas diri lantaran kita adalah kota terkecil di Jawa Timur," ungkapnya, Senin (23/1/2023).

Ning Ita mengungkapkan, ia telah memerintahkan seluruh OPD agar meningkatkan pelayanan masyarakat. Hal ini untuk mempertahankan SPM yang jauh lebih baik di tahun depan.

Pemda juga secara periodik melaporkan evaluasi SPM melalui sistem pelaporan SPM Bangda Kemendagri (e-SPM). "Jadi kalau yang sudah 100 persen itu ya harus dipertahankan. Dan yang belum, kita upayakan bersama untuk mencapai nilai tersebut," jelasnya. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved