Lirik Sholawat Tibbil Qulub Bisa Jadi Obat Hati

Berikut ini lirik Sholawat Tibbil Qulub, bacaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Penulis: Arum Puspita | Editor: Musahadah
Canva
Sholawat Tibbil Qulub 

SURYA.CO.ID - Berikut ini lirik Sholawat Tibbil Qulub, bacaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Tibbil Qulub menjadi salah satu cukup populer di telinga umat Islam Tanah Air.

Secara bahasa, arti Sholawat Tibbil Qulub adalah Pengobat Hati.

Membacanya menurut pandangan ulama, dapat menjadi obat ketenangan hati.

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allohumma sholli 'ala sayyidina Muhammadin tibbil quluubi wa dawaa-iha Wa 'aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dliyaa-iha wa 'ala aalihi wa shahbihi wa sallim

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada baginda kami Nabi Muhammad yang menjadi obat dan penyembuhan hati, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan, dan limpahkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya, dan berilah kesejahteraan."

Keutamaan

Sholawat Tibbil Qulub dipercaya dapat menyembuhkan hati yang sempit dan pikiran yang bingung.

Salah satu cara mengamalkan bacaan Sholawat Tibbil Qulub untuk ketenangan hati adalah membacanya sebanyak tiga kali setelah Sholat Magrib secara rutin.

Atau, membaca Sholawat Tibbip Qulub sebanyak 15 kali, setelah sholat fardhu.

Ada beberapa manfaat atau keutamaan membaca Sholawat Nabi lainnya, di antaranya menuntun umat Muslim ke jalan yang baik dan benar.

Dari Ibnu Abbas, ia berkata," Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa lupa bersholawat kepadaku, maka ia akan salah menempuh jalan ke surga'."

Sementara menurut Al Hafizh As Syarji dalam kitab Irsyadul Ibad, Sholawat adalah dzikir yang paling mudah namun besar pahalanya. Sehingga umat Muslim dapat membacanya sebagai doa.

"Sesungguhnya doa itu berhenti antara langit dan bumi, tiada naik barang sedikit juga dari padanya sehingga engkau bersholawat atas Nabimu." (HR. Tirmidzi)

Baca Juga
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved