Berita Surabaya

PLN NP Gelar Apel K3 dengan 29 Tim Rescue Pembangkitan di Paiton

PT PLN Nusantara Power (NP) menggelar apel bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan menghadirkan perwakilan tim Rescue dari 29 pembangkitan.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
sri handi lestari/surya.co.id
Simulasi kebakaran yang terjadi di area pembangkitan ditampilan di ajang apel bulan peringatan K3 oleh PLN NP di Unit PLTU Paiton, Probolinggo, Senin (16/1/2023). 

Berita Surabaya

SURYA.co.id, SURABAYA - PT PLN Nusantara Power (NP) menggelar apel bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan menghadirkan perwakilan tim Rescue dari 29 pembangkitan.

Jumlah ini meningkat dibanding saat masih atas nama PT PJB karena beberapa pembangkit yang sebelumnya di luar pengelolaan PT PJB telah masuk di bawah PT PLN NP.

Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmansyah mengatakan, di bisnis yang ada di bawah PLN NP, K3 merupakan suatu upaya perlindungan agar karyawan atau tenaga kerja selalu dalam keadaan selamat dan sehat selama melakukan pekerjaannya di tempat kerja.

"Termasuk juga orang lain yang memasuki tempat kerja maupun proses produksinya dapat berjalan secara aman. Sehingga di bulan K3 ini, sangat penting untuk kembali mengingat dan terus menjalankan K3 dalam setiap waktu saat bekerja," kata Ruly, dalam apel yang digelar di halaman kantor Pembangkitan Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton di Probolinggo, Senin (16/1/2023).

Lebih lanjut Ruly menyebutkan, K3 merupakan hal penting dalam membangun industri.

Dengan program K3, perusahaan akan menjadi lebih bermutu dan sistematis untuk berkembang lebih cepat, dan pekerja menjadi lebih aman, sehat dan nyaman.

"Jika kenyamanan dalam bekerja bisa terwujud, akan tercipta hubungan yang lebih harmonis antara para pekerja dan perusahaan tempat mereka bekerja sehingga menghasilkan produk yang maksimal sesuai misi perusahaan," jelasnya.

K3 juga merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan bisnis perusahaan sebagai cermin perusahaan terhadap pengelolaan safety diseluruh lini proses bisnis.

Dalam acara peringatan Bulan K3 PLN NP bertajuk

"Sinergi Untuk Mempercepat Internalisasi Safety Culture", tersebut Ruly juga memaparkan, per 1 Januari 2023 sudah terdapat legal end state pembentukan subholding PT PLN NP. Dengan terbentuknya legal end state tersebut, pihaknya  diharapkan  menjadi lebih fokus, adaptif, kompetitif dan efisien dalam peningkatan keandalan penyediaan tenaga listrik.

"Dengan pembentukan subholding PT PLN NP, menjadikan semakin banyak unit pembangkit yang kita kelola dan  ini menjadi challenge tersendiri bagi PLN NP untuk bisa menyelaraskan dan memperkuat proses bisnis yang ada, termasuk standarisasi proses bisnis K3 yang merupakan aspek penting bagi sustainability perusahaan terkait perlindungan ketenagakerjaan dalam pengelolaan keselamatan ketenagalistrikan serta merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja untuk mewujudkan visi K3 yakni nihil kecelakaan kerja dan nihil penyakit akibat kerja," papar Ruly.

President HSSE PLN NP K3, Achmad Djalaludin, menambahkan PLN  NP selama dua tahun masa pandemi, tetap menyelenggarakan lomba bulan K3.

"Alhamdulillah masih bisa terlaksana dengan baik dan lancar untuk memeriahkan Bulan K3 Nasional. Akhir tahun 2022 kemarin tepatnya di akhir bulan Desember 2022, Presiden RI telah mengumumkan bahwa PPKM dicabut namun kita semua harus menjaga dan mengantisipasi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan," jelas Djalaludin.

Apalagi kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan cedera manusia, kerugian materi atau aset, moril dan pencemaran lingkungan namun dapat mempengaruhi produktivitas juga.

Pelaksanaan peringatan bulan K3 tahun ini adalah sebagai momentum PLN NP untuk memformat kembali konsep implementasi K3 dan anak perusahaannya dengan menitik beratkan terhadap peran para leader yang ada di Unit untuk berkomitmen dan mendorong budaya keselamatan diseluruh jajaran dan anggotanya.

"Sejalan sesuai komitmen PT PLN NP bahwa tidak ada yang penting dari jiwa manusia demu tercapai visi Zero Accident," pungkas Djalaludin.

Dalam apel tersebut jug ditampilkan kegiatan simulasi penyelamatan atas kebakaran di tempat kerja.

Beberapa tim yang disiapkan menampilkan kesigapan dalam penyelamatan, evakuasi, dan pemadam api kebakaran di tempat kerja baik di ruang terbuka maupun ruang tertutup.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved