Berita Kota Surabaya

10 Halte Futuristik Menjadi Ikon Baru Transportasi Surabaya, Menjadi Spot Foto saat Menunggu Bus

Dibuat ikonik, masing-masing memiliki kekhasan yang juga bisa menjadi spot foto para penumpang sembari menunggu bus

surya/habibur rohman
Suasana Halte Urip Sumoharjo 2 sisi Timur dengan hiasan lampu yang menjadikannya lebih atraktif saat malam hari. Dinas Perhubungan Kota Surabaya membangun 10 halte bus baru selama 2022 dan diharapkan meningkatkan kenyamanan dan jumlah pengguna angkutan umum di Kota Surabaya. 

SURYA.CO.ID, KOTA SURABAYA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya tuntas membangun 10 halte baru selama 2022. Bertema futuristik, masing-masing halte diharapkan dapat meningkatkan antusias masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

"Totalnya, ada 10 halte yang dibangun (bangun baru) selama 2022. Halte ini dilewati oleh Suroboyo Bus," kata Sub Koordinator Pembangunan Prasarana Transportasi Dishub Surabaya, Yudi Purnomo, saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (16/1/2022).

Masing-masing halte sebelumnya merupakan pemberhentian bus atau bus stop. Lokasinya, tersebar di sejumlah jalan protokol, lokasi perkantoran, hingga fasilitas umum lainnya.

Misalnya, halte yang berada di Jalan Urip Sumoharjo, Halte Blauran, Halte RS Bhayangkara, hingga Taman Pelangi. Sebelum menjadi halte, bus stop di masing-masing kawasan tersebut biasanya banyak didatangi penumpang.

"Pembangunan halte kami sesuaikan dengan demand (permintaan penumpang). Sehingga, dengan menjadi halte, kami tambahkan sejumlah fasilitas yang membuat penumpang nyaman," kata Yudi.

Di masing-masing halte dilengkapi dengan gambaran rute Suroboyo Bus, nama lyn yang melewati halte tersebut, hingga destinasi wisata yang ada di Surabaya. "Dengan perlengkapan ini, kami harapkan calon penumpang bisa semakin nyaman,” ujar Yudi.

"Termasuk, bagi wisatawan dari luar kota yang mungkin ingin berlibur ke tempat wisata dengan angkutan umum. Di masing-masing halte, telah kami siapkan alamat dan rutenya yang mungkin bisa menjadi panduan," tambahnya.

Hal menarik lainnya, masing-masing halte didesain dengan bentuk berbeda. Dibuat secara ikonik, masing-masing memiliki kekhasan yang juga bisa menjadi spot foto para penumpang sembari menunggu bus.

"Desainnya memang dibuat menarik dengan tema minimalis dan futuristik. Dengan lebih up to date, tentu kami berharap penumpang bisa semakin nyaman di halte dan banyak menggunakan angkutan umum," katanya.

Tahun ini, Dishub Surabaya tengah menghitung kebutuhan halte baru. "Untuk pembangunan tahun ini kami sesuaikan dengan anggaran. Saat ini, sedang dihitung," katanya.

Untuk diketahui, jumlah penumpang Surabaya Bus (SB) mencapai 1.611.415 orang selama 2022. Saat akhir tahun terjadi trend peningkatan nyaris dua kali lipat dibanding awal tahun.

Sebagai perbandingan, rataan jumlah penumpang di caturwulan pertama hanya sekitar 90.000 penumpang per bulan. Namun memasuki caturwulan ketiga, rataan penumpang meningkat menjadi 160.000 orang per bulan.

Suroboyo Bus untuk sementara melayani tiga rute. Yakni, Purabaya-Rajawali, Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) - Terminal Osowilangon (TOW), dan Purabaya-Pringadi. *****

Daftar Halte yang Dibangun Selama 2022:
1. Halte Taman Pelangi Jl. A. Yani
2. Halte Siwalankerto Jl. A. Yani
3. Halte Margorejo, Jl. A.Yani
4. Halte Urip Sumohardjo, Jl. Urip Sumoharjo
5. Halte Darmo Permai Jl. HR Muhammad
6. Halte Blauran, Jl. Bubutan depan BG Junction
7. Halte Marmoyo
8. Halte RS. Bhayangkara
9. Halte Bubutan Pirngadi
10. Halte Veteran (depan Bank Mandiri)

 

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved