Berita Banyuwangi

Di Tahun 2023 Ini, Pemkab Banyuwangi Pacu Bangun Jalan Poros Kecamatan

Tahun ini, Pemkab Banyuwangi akan melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan sepanjang 222,139 kilometer dan pembangunan 26 jembatan.

Penulis: Haorrahman | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Haorrahman
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat meninjau jalan yang selesai dibangun di Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari, Kamis (12/1/2023). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Pada 2023 ini, Pemkab Banyuwangi akan memacu pembangunan insfrastruktur. Terutama ruas jalan poros kecamatan.

Total, tahun ini Pemkab Banyuwangi akan melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan sepanjang 222,139 kilometer (km) dan pembangunan 26 jembatan di sejumlah wilayah Banyuwangi.

“Pemeliharaan dan pembangunan jalan kami prioritaskan pada jalan poros antar kecamatan. Ini semua akan kami akan pacu di tahun ini,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat meninjau jalan yang selesai dibangun di Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari, Kamis (12/1/2023).

Jalan yang ditinjau Bupati Ipuk ini, merupakan jalur lintas timur sepanjang 6,6 km yang selesai dibangun pada akhir tahun 2022 lalu.

Bupati Ipuk menjelaskan, sejumlah ruas jalan poros kecamatan yang tidak sempat dibangun pada 2022, akan dikerjakan pada 2023 ini. Seperti jalan poros yang menghubungkan Kecamatan Genteng, Gambiran, hingga Siliragung sepanjang 26,9 km. Lalu jalan penghubung Rogojampi–Songgon, Curahjati–Grajagan juga jalan di Desa Cantuk, Singojuruh.

“Jalan poros antar kecamatan yang prioritas akan dibangun tahun ini ada di 53 titik. Termasuk jalan ruas lintas timur yang baru selesai pengerjaannya sampai di Desa Bomo saja. Lanjutannya, Desa Bomo ke Desa Kumendung Kecamatan Muncar sepanjang 3,5 km akan kami lanjutkan tahun ini juga. Sehingga jalur lintas timur insya Allah akan tuntas tahun ini,” jelas Bupati Ipuk.

Bupati Ipuk menjelaskan, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu program prioritas pembangunan pada tahun ini. Setelah tahun-tahun sebelumnya, Bupati Ipuk fokus pada program-program pemulihan ekonomi akibat pandemi.

“Mohon maaf kalau ada jalan yang belum sempat tertangani, karena kemarin kami fokus untuk memulihkan ekonomi masyarakat dulu. Insya Allah secara bertahap akan kami kerjakan mulai tahun ini,” kata Bupati Ipuk.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ipuk mengimbau agar warga turut berpartisipasi dalam pemeliharaan jalan beraspal.

Selain jalan, infrastruktur yang akan dilakukan adalah pembangunan jembatan. Utamanya yang rusak karena bencana.

“Total 26 jembatan yang akan dikerjakan tahun ini. Kami prioritaskan jembatan-jembatan yang rusak akibat bencana untuk segera diperbaiki,” kata Bupati Ipuk.

Jembatan yang akan dikerjakan tahun 2023 ini, di antaranya Jembatan Sutri di Kelurahan Sobo, jembatan Desa Kalibaru Wetan, Jembatan Desa Kajarharjo, Jembatan Desa Kandangan, Jembatan Desa Kelir, serta jembatan di Desa Kepundungan Srono.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved