Pemilu 2024

Masuk Jajaran Dewan Pakar, Pakde Karwo Dinilai Bisa Beri Efek Elektoral Partai Golkar

Sebagai politisi kawakan, pengaruh Pakde Karwo di Jawa Timur dinilai bisa menarik efek elektoral pada Partai Golkar.

surya.co.id/nuraini faiq
Mantan Gubernur Jatim Soekarwo usai mencoblos di TPS 42 di Jl Kertajaya Indah Timur, Kelurahan Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya, Rabu (17/4/2019). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Bergabungnya mantan Gubernur Jatim dua periode Soekarwo (Pakde Karwo), ke Partai Golkar dinilai akan memberikan dampak positif pada partai beringin.

Sebagai politisi kawakan, pengaruh Pakde Karwo di Jawa Timur dinilai bisa menarik efek elektoral pada Partai Golkar.

Sebelumnya diketahui, Pakde Karwo masuk dalam jajaran kepengurusan Partai Golkar.

Pria yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu, mendapat posisi sebagai Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar.

Politisi senior Partai Golkar Ridwan Hisjam turut meyakini efek elektoral setelah bergabungnya Pakde Karwo di kepengurusan DPP. Terutama di Jawa Timur lantaran rekam jejak Pakde Karwo.

Politisi yang akrab disapa RH ini yang mengibaratkan Pakde Karwo pulang ke rumah lama ini, juga diharapkan bisa membawa suara untuk partai golkar.

Baca juga: Pakde Karwo Ditunjuk Jadi Wakil Ketua Dewan Pakar DPP Golkar, Politisi Senior : Pulang ke Rumah Lama

Baca juga: Bertemu Ketua Golkar Jatim, Sinyal Pakde Karwo Dorong Menantunya ke Partai Penjamin Pencalegan

Apalagi, Pakde Karwo sepuluh tahun jadi Gubernur, yang praktis namanya pasti sangat dikenal.

"Sehingga, saya selaku kader senior berharap suara-suara yang dulu pergi kemana-mana itu, karena Pak Karwo pulang ke rumah lama maka suara itu bisa balik semua ke Golkar," ucapnya saat dikonfirmasi dari Surabaya, Selasa (3/1/2022).

Sementara itu, Peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam menilai jika dilihat dari sosoknya, Pakde Karwo bisa merangkul semua kalangan bahkan nyaris tak mengenal ada lawan secara politik. Hal ini dinilai menjadi kelebihan Pakde Karwo.

"Sehingga, dimana pun berada selalu bisa menjadi faktor pendaya itu yang membuat beliau selalu bisa menjadi politisi intan permata," ucap Surokim kepada wartawan, Rabu (4/1/2023).

Berkaca dari hal tersebut, Surokim menganggap Pakde Karwo bisa menarik efek elektoral positif kepada Golkar utamanya di Jawa Timur.
Apalagi, sebagai mantan Gubernur Jatim dua periode, Pakde Karwo dinilai masih memiliki relasi kuat.

"Beliau tokoh di Jawa Timur yang punya relasi kuat sebagai patron, ya tetap punya efek elektoral," jelasnya menambahkan.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved