Grahadi

Pemprov Jatim

Kemendagri Belum Tetapkan Pj, Nanti Malam Gubernur Akan Serahkan SK Plh Wali Kota Batu

Biro Administrasi Pemerintahan dan Otoda Setda Provinsi Jatim tengah menyiapkan Surat Keputusan penunjukan Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Batu

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otoda Setda Provinsi Jawa Timur, Jempin Marbun. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otoda Setda Provinsi Jawa Timur, Jempin Marbun memberikan pernyataan, bahwa pihaknya saat ini tengah menyiapkan Surat Keputusan penunjukan Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Batu. 

Pasalnya, penyiapan SK penunjukan Plh untuk Wali Kota Batu ini dilakukan lantaran hingga Senin (26/12/2022) siang, surat penetapan Penjabat (Pj) Wali Kota Batu dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih belum turun. 

Padahal,  Selasa (27/12/2022) besok, merupakan akhir masa jabatan untuk Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. 

"Karena surat penetapan Pj Wali Kota Batu dari Kementerian Dalam Negeri belum turun, maka kami atas perintah Ibu Gubernur diminta untuk menyiapkan SK penunjukan Plh Wali Kota Batu," tegas Jempin Marbun kepada SURYA.CO.ID. 

Baca juga: Pemprov Jatim Tegaskan Penetapan Pj Wali Kota Batu Belum Turun dari Kemendagri

Sesuai aturan, Plh Wali Kota Batu akan diemban oleh Sekda Kota Batu yang saat ini dijabat oleh Zadim Efisiensi. Penunjukan tersebut dilakukan oleh gubernur sesuai ketentuan perundang-undangan. 

"Penyerahan SK penunjukan Plh Wali Kota Batu pada Bapak Zadim yang kini menjabat sebagai Sekda Kota Batu akan dilakukan nanti malam pukul 20.00 WIB," tegasnya. 

Sebagaimana diketahui, bahwa penunjukan Plh Wali Kota Batu dilakukan sembari menunggu keputusan penunjukan SK Pj Wali Kota Batu dari Kementerian Dalam Negeri. 

Hal itu dilakukan agar tidak sampai ada kekosongan pemerintahan sehingga roda pemerintahan bisa terus berjalan dan tidak berhenti. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, ada enam calon Pj Wali Kota Batu, mereka ialah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jatim Hudiyono, Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat dan Sekda Kota Batu Zadim Efisiensi. Ketiganya merupakan usulan DPRD Kota Batu.

Sementara ,tiga nama lainnya usulan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yaitu Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim Aries Agung Paewai, Pulung Chausar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim dan Indyah Aryani Kepala Dinas Peternakan (Kadisnak) Jatim. 

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved