Pemilu 2024

KPU Kabupaten Trenggalek Usulkan Dapil untuk Pemilu 2024 Berubah

Terdapat tiga opsi rancangan Dapil yang diajukan KPU Trenggalek untuk digunakan pada pemilu legislatif (Pileg) 2024.

tribun jatim/sofyan arif
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek Mengajukan Rancangan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) ke KPU RI untuk gelaran Pemilu 2024. 

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek telah mengajukan rancangan penataan daerah pemilihan (Dapil) ke KPU RI untuk gelaran Pemilu 2024.

Terdapat tiga opsi rancangan Dapil yang diajukan KPU Trenggalek untuk digunakan pada pemilu legislatif (Pileg) 2024.

Yakni skema lama yang terdiri dari 4 Dapil, lalu dua skema baru yang terdiri dari 5 Dapil dan 6 Dapil.

Ketua KPU Trenggalek Gembong Derita Hadi menjelaskan usulan Dapil tersebut telah sesuai dengan instruksi KPU RI untuk melakukan rancangan dalam penataan dapil.

KPU Trenggalek juga telah mendengar tanggapan masyarakat serta uji publik yang telah dilakukan notulensi yang disertakan dalam usulan ke KPU RI.

"Untuk penetapan perubahan dapil ada di keputusan KPU RI, yang pasti semua syarat perubahan telah kami bawa ke KPU RI," jelas Gembong, Senin (19/12/2022).

Menurut Gembong, demi menjaga hubungan anggota DPRD dengan konstituennya, daerah pemilihan memang sebaiknya tidak boleh diubah setiap kali Pemilu digelar.

Namun dalam kurun waktu tertentu pasti terjadi perubahan demografi, sehingga mempengaruhi perubahan Dapil, meskipun jumlah total kursi pada parlemen tidak ada penambahan.

Oleh karena itu, lazimnya daerah pemilihan dievaluasi minimal setiap dua kali pemilu melalui sensus penduduk yang dilakukan setiap 10 tahun sekali.

"Apalagi di Trenggalek sudah hampir 20 tahun tidak ada evaluasi terhadap dapil, maka untuk dapil pada pemilu 2024 mendatang kita tunggu keputusan KPU RI," lanjutnya.

Sementara itu Komisioner KPU Trenggalek Divisi Teknis Penyelenggaraan Istatiin Nafiah, menerangkan dari hasil tanggapan masyarakat dan uji publik ada yang setuju namun juga ada yang menolak rancangan perubahan Dapil tersebut

Meskipun demikian, hasil finalisasi tahapan tetap akan di kirim tiga rancangan dapil kepada KPU Provinsi dan KPU RI.

"Hasil tahapan kemarin, ada 8 responden memilih opsi tetap yakni 4 dapil dan rancangan 5 dapil ada 2 responden serta rancangan 6 dapil juga ada 2 responden," ucapnya.

Untuk saat ini di tuturkan iin sapaan akrabnya bahwa proses tahapan pembahasan sudah pada l tingkatan di atas yakni KPU RI, sedangkan pembahasan rancangan dapil di kbupaten sudah selesai.

Pihaknya tinggal menunggu keputusan KPU RI di Januari dan Februari 2023 mendatang.

"Final penetapan dapil tetap kewenangan KPU RI," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved