Erick Thohir Pernah Jabat Ketua Panitia Asian Games 2018, Pengamat Politik: Modal Jadi Cawapres

Pengamat politik katakan Erick Thohir miliki bekal untuk menjadi cawapres 2024 berkat jabatannya sebagai Ketua Panitia Asian Games 2018.

Penulis: And | Editor: APS
Dok. BUMN.go.id
Potret Menteri BUMN Erick Thohir 

SURYA.CO.ID - Pengamat politik yang juga Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima Indonesia) Ray Rangkuti menyebut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir punya banyak kisah sukses.

Misalnya, saat menjabat sebagai ketua panitia Asian Games 2018. Disebut Ray, prestasi Erick Thohir memukau dunia internasional, sehingga dapat dijadikan modal untuk mendaftar sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ray menjelaskan, Erick Thohir sebelumnya sudah mempunyai kinerja yang baik di bidang olahraga dan pemerintahan. Oleh karena itu, elektabilitasnya terus meningkat.

"Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 itu kan Erick Thohir. Acaranya kan memukau tidak hanya di Indonesia, namun memukau internasional. Sukses itu jadi modal untuk calon wakil presiden," ujar Ray.

Hal itu disampaikan Ray saat menjadi pembicara pada Talkshow Series Memilih Damai dengan tema "Membedah Genealogi Presiden dari Masa ke Masa di Universitas Al-Azhar, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2022).

Ia melanjutkan, posisi Erick Thohir sebagai cawapres kemungkinan besar akan dilirik masyarakat.

"Saat ini Pak Erick Thohir itu di Lembaga Survei sudah di posisi kelima besar, dengan elektabilitas sekitar 8 persen," ucap Ray.

Meski demikian, Ray menyampaikan bahwa pola saat ini tidak bisa hanya mengandalkan pendekatan psikologis masyarakat. Calon presiden (capres) dan cawapres harus aktif memperkenalkan diri kepada masyarakat.

"Nah sudah tidak bisa lagi tuh pas mau pemilu baru perkenalkan diri, harus ada pupuk yang ditanam sebelumnya," ujar Ray.

Mengenal Erick Thohir

Perlu diketahui, sebelum menjadi menteri, Erick Thohir merupakan seorang pengusaha dan pendiri Mahaka Group, perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan hiburan.

Unit usaha Mahaka antara lain di bidang penyiaran (PT Mahaka Radio Integra Tbk), stasiun televisi (Jak TV), media luar ruang (Mahaka Advertising), media cetak (Harian Republika, Golf Digest), pemesanan dan penjualan tiket digital (Rajakarcis.com), dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis media dan hiburan.

Ia juga berpengalaman di bidang olahraga. Erick mengakuisisi klub sepak bola Serie A, yakni F.C. Internazionale Milano (Inter Milan) pada November 2013. Erick Thohir kemudian dipercaya sebagai Presiden Klub Inter Milan.

Kemudian, Erick juga memiliki klub sepak bola Amerika, yaitu D.C. United. Ia juga pernah memiliki klub bola basket NBA Philadelphia 76Ers.

Adapun Asian Games 2018 diselenggarakan di Palembang dan Jakarta pada 18 Agustus-2 September 2018. Upacara pembukaan dan penutupan diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved