Grahadi

Pemprov Jatim

Bakesbangpol Jatim Akan Masifkan Edukasi Politik ke Pemilih Pemula Jelang Pemilu 2024

Bakesbangpol Jatim akan turun langsung melakukan sosialisasi dan edukasi politik kepada para pemilih pemula di Pemilu 2024

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Fatimatuz Zahro
Kepala Bakesbangpol Jawa Timur, Eddy Supriyanto menjelaskan programnya jelang Pemilu 2024 dengan memberikan edukasi politik pada pemilih pemula, Selasa (13/12/2022). 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Kepala Bakesbangpol Jawa Timur, Eddy Supriyanto menegaskan bahwa jelang Pemilu maupun Pilkada serentak yang dilakukan tahun 2024 mendatang, pihaknya akan turun langsung melakukan sosialisasi dan edukasi politik dengan sasaran para siswa SMA dan SMK yang merupakan para pemilih pemula

Menurut Eddy, hal ini penting untuk memberikan wawasan politik, kebangsaan dan edukasi tentang pemilu maupun pilkada agar para pemilih pemula menjadi pemilih yang cerdas dan tidak mudah terpecah belah. 

"Kami akan kumpulkan para siswa SMA dan SMK untuk mendapatkan sosialisasi dan edukasi tentang politik, tentang kebangsaan dan di saat yang sama juga edukasi tentang pencegahan masuknya paham radikalisme dan anti narkoba," tegas Eddy kepada SURYA.CO.ID, Selasa (13/12/2022). 

Lebih lanjut mantan Kepala Bakorwil Madiun ini menegaskan, bahwa para siswa SMA dan SMK sengaja menjadi sasaran, karena mereka adalah para pemilih baru. Dan di usia mereka saat ini sangat akrab dengan media sosial. 

Sedangkan media sosial, dikatakan Eddy, sangat rawan untuk disusupi kampanye maupun konten yang mengarah pada politik identitas yang berpotensi memecah belah bangsa. Oleh sebab itu, hadirnya sosialisasi ini akan membantu mencegah hal tersebut terjadi. 

"Kami menghindari mereka generasi muda yang nantinya akan menjadi para pemilih pemula untuk terpengaruh dengan politik identiras. Maka itu yang kita sama-sama hindari," tegasnya. 

Selain itu, tak hanya para siswa di jenjang SMA maupun SMK, tapi dipastikan Eddy bahwa Bakesbangpol Jatim juga akan turun ke pesantren. Mereka juga akan menggandeng ormas seperti Fatayat maupun Muslimat NU yang memiliki massa hingga grassroot untuk memberikan edukasi yang sama. 

"Kami juga akan memberikan perhatian di daerah-daerah yang rawan terjadi konflik. Namun pengamanan dan perhatian kami berikan secara merata ke seluruh daerah," tegasnya. 

Langkah-langkah tersebut, dipastikan akan secara masif dilakukan Eddy bersama Bakesbangpol Jatim mulai tahun 2023 mendatang. Dan selama tahun 2022, kegiatan tersebut sudah mulai dilakukan. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved