Berita Jember

Indeks Pencegahan Korupsi Naik Pesat, Jember Raih Penghargaan Tertinggi Kategori Kabupaten

"Alhamdulillah, Kabupaten Jember mendapatkan apresiasi dari KPK dalam rangka kegiatan Hari Antikorupsi Sedunia," ujar Bupati Hendy.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
surya/sri wahyunik
Bupati Jember, Hendy Siswanto menunjukkan penghargaan yang diraih dari KPK di Hakordia 2022, Jumat (9/12/2022). 

SURYA.CO.ID, JEMBER – Upaya pencegahan korupsi menjadi proses yang sangat penting, bahkan lebih penting ketimbang posisi tidak berperilaku korupsi. Dan meningkatnya pencegahan korupsi itu membawa Pemkab Jember menorehkan prestasi di Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) pada 9 Desember 2022.

Pemkab Jember meraih Peringkat Pertama Capaian Peningkatan Indeks Pencegahan Korupsi Tertinggi Tahun 2021, dibandingkan tahun sebelumnya dengan nilai 59.33 dalam Kategori Pemerintah Kabupaten.

Penghargaan itu diberikan oleh lembaga anti rasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI kepada Bupati Jember, Hendy Siswanto ketika menghadiri acara Pembukaan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Pancoran Jakarta, Jumat (9/13/2022) siang.

"Alhamdulillah, Kabupaten Jember mendapatkan apresiasi dari KPK dalam rangka kegiatan Hari Antikorupsi Sedunia," ujar Bupati Hendy.

Pihaknya bersyukur, sebab Kabupaten Jember mendapatkan predikat bisa menaikan indeks pencegahan korupsi. Pada 2020, Bupati Hendy menyatakan nilai Kabupaten Jember masih di angka 20. Namun pada 2021, indeks pencegahan korupsi di Jember naik menjadi 59,33.

Menurut Hendy, penghargaan tersebut ditujukan untuk seluruh insan di Kabupaten Jember. "Tentunya kami harus tetap berhati-hati dan menghindari semua hal yang bisa menarik kita terhadap perilaku korupsi," tegasnya.

Harapannya, Kabupaten Jember bisa meningkatkan lagi nilai indeks pencegahan korupsi pada 2022 ini. Bahkan lebih tinggi jika dibandingkan pada 2021. "Sekitar 80, hingga 90. Pokoknya terus. Untuk itu, kita semua perlu berjuang bersama-sama," lanjutnya.

Kerjasama itu mulai pemerintah, para stakeholder, hingga seluruh masyarakat Jember. Untuk itu, Hendy mengajak seluruh warga Jember untuk memberantas korupsi. "Para OPD juga. Tentunya kita harus bersama-sama mencegah perilaku korupsi. Mari sama-sama memberantas korupsi di Kabupaten Jember," tandasnya. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved