Berita Banyuwangi

Para Pelajar Antusias Belajar Kesenian dalam Rangkaian Pameran ArtOs Nusantara di Banyuwangi

Kegiatan Pameran ArtOs Nusantara, menjadi salah satu bentuk keseriusan Pemkab Banyuwangi terhadap kesenian, terutama seni lukis.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Aflahul Abidin
Workshop melukis rangkaian kegiatan Pameran ArtOs Nusantara mulai digelar di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Banyuwangi, Rabu (7/12/2022). 

SURYA.CO.ID, BANYUWANGI - Rangkaian kegiatan Pameran ArtOs Nusantara mulai digelar di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Banyuwangi, Rabu (7/12/2022).

Kegiatan awal yang digelar adalah workshop melukis. Kegiatan itu sebagai ajang edukasi tentang seni rupa dan lukis para generasi muda.

Pameran tersebut menyasar para pelajar tingkat SMP dan SMA. Mereka diharapkan bisa mempelajari dan menjadi generasi penerus kesenian di Banyuwangi. Terutama kesenian lukis.

Dalam pameran itu, para pelajar diajari melukis dengan tema khusus. Tema yang diangkat adalah The Diversity of Banyuwangi Culture, tema yang sama dengan pagelaran Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2022.

Dalam tema ini, terkandung ragam etnis dan budaya Banyuwangi. mulai dari Osing, Jawa, Bali, Madura, Mandar hingga Arab.

Dengan beragamnya etnis dan budaya, Banyuwangi layaknya Tamansari Nusantara.

"Ini kerja sama Pemkab Banyuwangi bersama dengan seniman Langgar Art. Kami berikan edukasi terhadap pelajar sebagai upaya regenerasi perupa dan pelukis di Banyuwangi," ujar Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani

Bupati Ipuk mengatakan, pameran ini menjadi salah satu bentuk keseriusan Pemkab Banyuwangi terhadap kesenian, terutama seni lukis.

Agar menghasilkan output terbaik, pemkab menggandeng para seniman dan perupa terkemuka di Banyuwangi.

Mereka dengan senang hati berbagi ilmu kepada para peserta. Sementara para siswa juga terlihat antusias mengikuti cerita-cerita dari para seniman itu.

"Mentornya adalah perupa senior di Banyuwangi. Kami berharap, transfer knowledge dan keahlian ini bisa memperbanyak karya seni di Banyuwangi," tuturnya.

Ketua Langgar Art Banyuwangi Imam Maskun menambahkan, edukasi terhadap para remaja itu merupakan rangkaian Pameran ArtOs Nusantara yang notabene akan digelar pada 2023.

"Kami tidak hanya menggelar pameran, tapi juga menggelar berbagai workshop ini," ujarnya.

Mentor-mentor ternama dihadirkan dalam workshop itu. Mereka antara lain Sugi Laros, Windu Pamor, Sugiyono, Suryantara dan Haruman Huda.

"Mereka akan memberikan ilmunya kepada generasi penerus mereka. Ini upaya regenerasi agar seni rupa di Banyuwangi tetap lestari," katanya. 

Menurut Wakil Ketua Pameran ArtOs Nusantara Bagus Fahmi, rangkaian kegiatan lain yang akan digelar adalah Live Art Painting Competition dan melukis on the spot dalam pagelaran BEC 2022.

Raga Putra, salah satu peserta workshop, mengaku antusias dengan kegiatan tersebut.

Siswa SMK Darul Ulum Muncar itu mengaku, banyak ilmu baru yang didapat dari kegiatan itu.

"Dapat mengasah keterampilan," kata Raga. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved