Berita Surabaya

Dapur Umami Ajinomoto dan ABC Cooking Studio Ajak Cooking Enthusiast Kreasikan Menu Lezat dan Sehat

Dapur Umami dari PT Ajinomoto Indonesia atau Ajinomoto mengadakan Event Cooking Class dengan Tema: 'A Taste of Umami'

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
Ajinomoto
Dapur Umami dari PT Ajinomoto Indonesia atau Ajinomoto, mengadakan Event Cooking Class dengan Tema: “A Taste of Umami” bagi para cooking enthusiast yang merupakan member ABC Cooking Studio. 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - Dapur Umami dari PT Ajinomoto Indonesia atau Ajinomoto mengadakan Event Cooking Class dengan Tema: 'A Taste of Umami' bagi para cooking enthusiast yang merupakan member ABC Cooking Studio.

Dalam event itu, seluruh cooking enthusiast terlebih dahulu diajak untuk lebih mengenal platform Dapur Umami, yang memiliki banyak fitur interaktif seperti Tanya Nutri Expert, Jurnal Umami, Tukar Umami Coins, dan lebih dari 900 resep praktis yang pastinya lezat dan bergizi seimbang.

Setelah diajak mengenal lebih dalam fitur-fitur Dapur Umami, para cooking enthusiast juga diajak untuk merasakan langsung perbedaan rasa asin dengan rasa umami melalui sensory test session.

Melalui sensory test session ini, peserta bisa menyeimbangkan rasa asin dengan tidak mengkonsumsi natrium dari garam secara berlebihan.

Selain itu, para cooking enthusiast juga dikenalkan dengan kampanye Bijak Garam.

Katarina Larasati, Product and Nutrition Manager, PR Department Ajinomoto, yang membawakan sensory test session, materi MSG Safety & Benefit, serta pengenalan Bijak Garam, mengatakan, selama ini ada empat rasa dasar yang sudah lebih familiar  diketahui.

"Yakni manis, asin, pahit, asam. Nah yang terakhir ditemukan adalah rasa umami atau gurih, ditemukan oleh seorang ilmuwan asal Jepang yaitu Dr. Kikunae Ikeda," jelas Katarina, Selasa (6/22/2022).

Dalam sensory test session, sesuai dengan tema acara ‘A Taste of Umami’, orang dapat membedakan kaldu ayam yang lebih terasa gurih serta lezat dengan diberi sedikit MSG, dibandingkan dengan kaldu ayam diberi garam yang hanya terasa asin saja.

“Kemudian, terkait dengan kampanye Bijak Garam yang sedang digiatkan oleh Ajinomoto, pertama-tama saya ingin menjelaskan terkait peran natrium dari garam yang sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh sebagai zat gizi esensial untuk berbagai mekanisme fisioligis seperti memastikan keseimbangan cairan tubuh dan juga berperan dalam mengatur fungsi otot dan syaraf," beber Katarina.

Namun, jika dikonsumsi berlebihan dapat memunculkan berbagai penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, gagal jantung, diabetes, dan lain lain. Menurut WHO, anjuran konsumsi aman harian garam adalah kurang dari 5gram.

"Nah, kampanye Bijak Garam dari Ajinomoto mengajak keluarga Indonesia untuk hidup lebih sehat dengan mengurangi asupan atau penggunaan garam dalam mengolah makanan, namun tetap bisa memperoleh cita rasa yang tinggi, dengan cara menambahkan sedikit MSG,” papar Katarina.

Karena faktanya penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam.

Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga (⅓) dari kandungan natrium pada garam dapur biasa.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved