Biodata Laksdya Amarulla Octavian yang Berpeluang Dipilih Jokowi Jadi KASAL Gantikan Yudo Margono

Laksdya TNI Amarulla Octavian digadang-gadang paling berpeluang dipilih Presiden Jokowi untuk menjadi KASAL. Simak profil dan biodatanya.

Kolase Tribun Banten dan instagram
Laksdya Amarulla Octavian yang Berpeluang Dipilih Presiden Jokowi Jadi KASAL Gantikan Laksamana Yudo Margono. Simak profil dan biodatanya. 

SURYA.co.id - Inilah profil dan biodata Laksdya TNI Amarulla Octavian yang paling berpeluang dipilih Presiden Jokowi untuk menjadi KASAL.

Diketahui, dari sederet calon KASAL, cuma Laksdya TNI Amarulla Octavian yang digadang-gadang berpeluang paling besar menggantikan Laksamana Yudo Margono.

Hal ini berdasarkan analisis Direktur The Indonesia Intelligence Institute Ridlwan Habib.

Posisi Kepala Staf Angkatan Laut pasti berganti karena Yudo naik menjadi panglima.

Dari beberapa calon bintang tiga, menurut Ridlwan, Rektor Universitas Pertahanan Laksamana Madya Amarulla Octavian paling berpeluang dipilih presiden.

"Profesor Octavian adalah laksamana bintang tiga Angkatan Laut yang jago 4 bahasa asing dan sudah menulis puluhan buku tentang doktrin dan strategi angkatan laut," kata Ridlwan.

Dia mengatakan situasi geopolitik kawasan laut sekitar Indonesia sedang hangat, misalnya ketegangan di Selat Taiwan, pencurian ikan di Laut Natuna, dan peningkatan persenjataan kapal selam Australia di sisi selatan Jawa.

"Perlu figur Kasal yang cerdas, bisa berdiplomasi, dan paham tentang dinamika ancaman maritim.

Dari calon-calon yang ada saya kira Pak Octavian tepat jika dipilih Presiden menjadi Kasal yang baru pengganti Pak Yudo," ujarnya.

Lantas, seperti apa profil dan biodata Laksdya Amarulla Octavian?

Melansir dari Wikipedia, Laksdya Amarulla Octavian lahir 24 Oktober 1965.

Ia adalah seorang perwira tinggi TNI Angkatan Laut lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1988 yang saat ini menjabat Rektor Unhan.

Sebelumnya ia menjabat Komandan Seskoal.

Ia merupakan peraih gelar Doktor dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia tahun 2013.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved