Berita Pamekasan

Pendaftar PPK Pamekasan Membeludak, Tes Berbasis Komputer Terpaksa DIbagi 10 Sesi Dalam Dua Hari

Sehingga peserta, tak perlu lagi menunggu esok harinya. Karena begitu satu sesi ujian selesai, kami segera merekap hasilnya

Penulis: Muchsin | Editor: Deddy Humana
surya/muchsin
Sejumlah pelamar calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) saat menyerahkan berkas persyaratan di kantor KPU Pamekasan beberapa waktu lalu. 

SURYA.CO.ID, PAMEKASAN – Sebanyak 455 orang yang dinyatakan lolos administrasi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hasil rekrutmen Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, akan mengikuti tes tulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) atau tes berbasis komputer.

Tes tulis ini akan digelar di aula kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pamekasan, Jalan Bonorogo, yang akan berlangsung selama dua hari, Selasa – Rabu (6-7/12/2022).

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi (Permas) dan Sumber Daya Manusia (SDM), KPU Pamekasan, Fathor Rachman kepada SURYA, Senin (5/12/2022) mengatakan, pelaksanaan CAT ini digelar dua hari, lantaran pesertanya cukup banyak. Sementara ruangan untuk tes hanya mampu menampung 50 orang.

“Karena ruangannya hanya cukup untuk 50 orang, maka tes ini dibagi menjadi 10 sesi. Di hari pertama 5 sesi dan hari kedua 5 sesi. Yang berlangsug mulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 19.30 WIB. Dan tiap-tiap sesi ujian, waktunya 90 menit dengan jeda 30 menit, setiap pergantian sesi,” kata Fathor.

Fathor berharap kepada semua peserta ujian, hendaknya datang 30 menit sebelum ujian berlangsung. Sebab, sebelum memasuki ruang ujian, peserta terlebih dahulu diharuskan untuk melakukan registrasi dengan mengisi form yang telah disediakan.

Dikatakan, ujian CAT ini dibagi per kecamatan. Namun dari 13 kecamatan yang tersebar di Pamekasan, jumlah peserta ujian tidak sama, ada yang lebih dari 50 orang dan ada yang kurang dari 50 orang. Maka yang kurang dari 50 orang itu, pesertanya diambilkan dari kecamatan lain.

Menurut Fathor, pada ujian nanti akan dihadiri Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq. “Hasil ujian CAT ini besok langsung kami umumkan nilainya. Dari perolehan teratas hingga bawah. Sehingga peserta tak perlu lagi menunggu sampai esok harinya. Karena begitu di satu sesi ujian selesai, kami segera merekap hasilnya,” papar Fathor.

Dikatakan, dari hasil tes CAT itu nanti tiap-tiap kecamatan akan diambil 15 besar untuk menuju tahap ujian selanjutnya berupa wawancara, yang akan dilakukan selama tiga hari, Minggu – Selasa (11-13/12/2022). Namun sejak Jumat (2/12/2022) sampai Sabtu (10/12/2022), merupakan masa tanggapan masyarakat.

Dijelaskan, sebenarnya yang mengisi akun pendaftaran PPK ini sebanyak 807 orang. Hanya saja, yang melanjutkan pendaftaran dengan mengisi data dan mengajukan berkas lamaran, sebanyak 720 orang. Namun setelah dilakukan verifikasi data, yang dinyatakan lulus administrasi 455 orang.

Rinciannya, laki-laki 413 orang dan wanita 42 orang. Maka yang dinyatakan tidak lulus administrasi sebanyak 352 orang. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved