BIODATA Gustika Fardani Jusuf Cucu Bung Hatta yang Gugat Jokowi ke PTUN: Pendidikan Mentereng

Cucu Bung Hatta, Gustika Fardani Jusuf, menggugat Presiden Jokowi ke PTUN. Berikut profil dan biodatanya.

kolase Tribunnews
Cucu Bung Hatta, Gustika Fardani Jusuf (kiri) dan Presiden Jokowi (kanan). Cucu Bung Hatta Gugat Jokowi ke PTUN. 

SURYA.co.id - Inilah profil dan biodata Gustika Fardani Jusuf, cucu Bung Hatta yang menggugat Presiden Jokowi ke PTUN.

Diketahui, sosok Gustika Fardani Jusuf baru-baru ini jadi sorotan.

Ia ikut menggugat Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta

Dikutip situs resmi PTUN Jakarta, para penggugat lainnya ada Yayasan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Direktur Eksekutif WALHI Jakarta Suci Fitriah Tanjung, Ardhito Harinugroho, dan Lilik Sulistyo.

Para penggugat menilai, tindak bertindaknya (omission) Jokowi sebagai tergugat pertama untuk menerbitkan peraturan pelaksana pengangkatan pj kepala daerah merupakan perbuatan melawan hukum oleh pejabat pemerintahan.

Sebab, penerbitan peraturan pelaksana itu seharusnya merupakan tindak lanjut atas Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016, tepatnya Pasal 201 dan 205, juga putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 67/PUU-XIX/2021 dan Nomor 15/PUU-XX/2022.

Para penggugat meminta majelis hakim PTUN Jakarta memerintahkan Presiden “melakukan serangkaian tindakan pemerintahan” untuk menerbitkan peraturan pelaksana itu.

Di sisi lain, para penggugat meminta agar diangkat dan dilantiknya 7 pj gubernur, 16 pj wali kota, dan 65 pj bupati oleh Jokowi dan Tito pada 12 Mei-25 November 2022, yang dianggap berpotensi mengandung unsur penyalahgunaan kekuasaan, dinyatakan sebagai perbuatan melawan hukum oleh pejabat pemerintahan.

Mereka juga meminta majelis hakim PTUN Jakarta menyatakan pengangkatan dan pelantikan total 88 pj kepala daerah tersebut batal atau tidak sah.

Hal itu karena pengangkatan dan pelantikan tersebut dilakukan tanpa lebih dulu menerbitkan peraturan pelaksana pengangkatan pj kepala daerah sebagaimana dimandatkan UU Pilkada dan putusan MK TADI.

Biodata Gustika Fardani Jusuf

Menurut penelusuran SURYA.co.id, Gustika Fardani Jusuf lahir pada 19 Januari 1994.

Gustika merupakan anak dari Halida Hatta, yang merupakan putri sulung dari Mohammad Hatta dan Rachmi Hatta.

Gustika mengenyam pendidikan di King’s College London dan aktif dalam berbagai forum dunia.

Halaman
123
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved