Berita Surabaya

Bila Komunitas Motor dan Pecinta Alam Kompak Donor Darah, Se-Indonesia Dapat 3085 Kantong Darah

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini, meraih dua penghargaan sekaligus dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI)

Penulis: Wiwit Purwanto | Editor: Cak Sur
Istimewa
Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Belasan komunitas dari berbagai genre dan warga sekitar berkolaborasi menggelar aksi donor darah dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

Komunitas yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) ini, sukses menyumbangkan puluhan kantong darah untuk PMI.

Koordinator acara donor darah di Surabaya, Richard Arthur mengatakan donor darah untuk semua komunitas ini dipusatkan di kantor PMI Kota Surabaya.

"KITA memperingati Hari Pahlawan dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk sesama. Karena itu, tema kegiatan ini adalah KITA adalah Pahlawan. Ada anak motor Bold Riders, fans club dan pecinta alam di Surabaya," katanya, Kamis (1/12/2022).

Para anggota komunitas antusias mengikuti kegiatan ini, namun karena harus memenuhi syarat dalam pengambilan darah seperti tensi darah yang normal dan faktor kebugaran, ada sejumlah anggota komunitas yang terpaksa ditolak oleh PMI untuk donor.

Komunitas yang terlibat ini berasal dari anak motor yang tergabung dalam Bold Riders yakni dari PSP, YR 15, Bajaj 815, CRF, COC, Gascoot, Sosis, Kombis, GSI, KCI dan SVS.

Kemudian ada juga pecinta alam Semanggi Alas dan Kopi Alas, serta anak fans club dari pendukung Real Madrid di Surabaya yakni PRMI.

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini, digelar serentak di seluruh Indonesia Timur, mulai 29 Oktober sampai 13 November 2022 kemarin.

Total ada sebanyak 750 komunitas di lebih dari 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur yang tersebar di 15 provinsi.

Tahun ini, kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahlawan. Program tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894.

Atas raihan ini. Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus. Pertama, penghargaan rekor sebagai donor darah terbesar yang dilakukan komunitas.

Kemudian rekor kedua,  yakni donor di provinsi terbanyak dan donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved