Sekeluarga Tewas di Kalideres

FAKTA Ritual Sekeluarga Tewas di Kalideres: Temuan Buku Mantra dan Peran Penting Budyanto Gunawan

Sederet fakta terbaru mengenai ritual mistis dilakukan sekeluarga yang tewas di Kalideres, Jakarta Pusat, terkuak.

Penulis: Arum Puspita | Editor: Adrianus Adhi
Kolase Warta Kota/Tribun Jakarta
Kondisi rumah sekeluarga yang tewas di Kalideres, Jakarta (kiri dan tengah). Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi ungkap temuan baru sekeluarga tewas di Kalideres (kanan) 

SURYA.CO.ID - Sederet fakta terbaru mengenai ritual mistis dilakukan sekeluarga yang tewas di Kalideres, Jakarta Pusat, terkuak.

Fakta terbaru ini terbongkar setelah polisi menemukan buku mantra di rumah korban di Perumahan Citra Garden 1 Extension Blok AC5 Nomor 7, Kalideres.

Polisi menduga sekeluarga yang terdiri dari Rudyanto Gunawan, Renny Margaretha, Dian Febbyana dan Budyanto Gunawan ini melakukan ritual mistik.

Berikut fakta-faktanya.

Temuan Buku Mantra dan Kemenyan

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengungkapkan, adanya temuan buku lintas agama, mantra hingga kemenyan di rumah korban.

Barang-barang tersebut, kata Hengki, cenderung mengarah kepada almarhum Budiyanto yang memiliki kepercayaan terhadap aktivitas ritual tertentu.

"Ditemukan juga buku-buku lintas agama, serta mantra, dan kemenyan," kata Hengki, dikutip dari Tribunnews.com.

Selain temuan barang bukti tersebut, dugaan korban Budiyanto diduga kerap menjalani ritual karena meyakini kepercayaan tertentu diperkuat dengan keterangan saksi.

"Hal ini mengakibatkan ada suatu kepercayaan dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik atau mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga, dilakukan melalui ritual tertentu," ujar Hengki.

Meski demikian Hengki belum bisa memastikan kepercayaan apa yang mereka anut. 

Ia juga belum mengungkapkan apakah ritual yang dimaksudnya adalah melaparkan diri hingga meninggal dunia atau ada jenis ritual lainnya.

Ahli Sosiolog Agama Bakal Turun Tangan

Untuk menganalisa temuan buku mantra, penyidik bakal melibatkan ahli sosiologi agama.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved