Memilih Damai

Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang Prof Sirozi: Generasi Z Punya Posisi Strategis di Pilpres 2024

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Prof HM Sirozi PhD menilai generasi Z memiliki posisi penting di Pilpres 2024.

Penulis: Adrianus Adhi | Editor: irwan sy
Tribunsumsel.com
Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Prof HM Sirozi PhD. 

SURYA.co.id - Guru Besar Universitas Islam Negeri/UIN Raden Fatah Palembang Prof HM Sirozi PhD menilai generasi Z memiliki posisi penting dan strategis pada Pemilu 2024 dan Pilpres 2024.

Oleh karena itu, Prof HM Sirozi menyebut siapapun calon presiden yang bersaing di Pilpres 2024 nanti jangan sampai mengabaikan kelompok generasi Z yang akan menjadi pemilih pemula pada gelaran pesta demokrasi kali ini.

"Pemilih pemula sekarang ini saya kira memang akan akan punya satu karakter yang berbeda, dan selera politik yang juga berbeda, tapi sebelumnya kita harus melihat secara kuantitatif," kata Prof HM Sirozi dalam talkshow Memilih Damai, Membaca Suara dari Daerah: Sumatera, beberapa waktu lalu. 

Dilihat dari pemilih pemula atau generasi Z yaitu anak muda yang usia antara 17 sampai 23 tahun.

Lalu ada namanya generasi milenial itu usia 24 sampai 39 tahun, yang merupakan generasi yang dibesarkan di era digital.

"Kalau saya baca data dari statistik generasi Z itu merepresentasikan 28 persen dari penduduk kita dan generasi milenial itu merepresentasikan 24 persen. Jika dikombinasikan, keduanya merepresentasikan lebih dari separuh penduduk Indonesia," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul Akankah Capres 2024 Mendadak Gaul Demi Raih Suara Gen Z dan Millenial, Prof Sirozi Ingatkan Hal ini.
https://sumsel.tribunnews.com/2022/11/30/akankah-capres-2024-mendadak-gaul-demi-raih-suara-gen-z-dan-millenial-prof-sirozi-ingatkan-hal-ini

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved