Berita Jember

Diskominfo Jember Terus Mendorong Terwujudnya Satu Data dan Statistik Sektoral

Diskominfo Kabupaten Jember terus menyiapkan Penyelenggaraan Satu Data dan Persiapan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Sri Wahyunik
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jember terus menyiapkan Penyelenggaraan Satu Data dan Persiapan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS). 

SURYA.CO.ID, JEMBER – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jember terus menyiapkan Penyelenggaraan Satu Data dan Persiapan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

EPSS ini sebagai kesiapan sinkronisasi Satu Data Jember Tahun 2022.

Salah satu yang dilakukan oleh rapat koordinasi dengan semua perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Jember dengan Badan Pusat Statistik (BPS).

Output dari rapat tersebut, BPS merekomendasikan untuk menyiapkan data statistik dari masing-masing OPD untuk diunggah dalam portal satu data Kabupaten Jember.

Data yang disiapkan tersebut, diharapkan sesuai dengan standarisasi data dari Bappenda yang nantinya akan diintegrasikan dengan aplikasi Romantik (Rekomendasi Data Statistik) milik BPS. 

Diskominfo sebagai wali data, berperan untuk mempublikasikan data di portal satu data Jember untuk mengambil kebijakan.

“Ke depannya, sosialisasi melalui bimbingan teknis bagi operator akan dilakukan untuk pengumpulan data dan juga standarisasi data,” ujar Kepala Diskominfo Jember, Bobby A Sandy, Rabu (30/11/2022).

Adapun tujuan dari EPSS ini, di antaranya mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral, meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral serta meningkatkan kualitas publik di bidang statistik baik pada Instansi Pusat maupun Pemerintah Daerah.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved