Bacaan Doa Singkat Setelah Sholat 5 Waktu Arab dan Artinya

Berikut bacaan doa singkat setelah sholat lima waktu. Selain sunnah yang sangat dianjurkan, membaca doa setelah sholat fardhu tidak mungkin sia-sia

Penulis: Pipit Maulidiya | Editor: Adrianus Adhi
Canva
Ilustrasi - Doa Singkat Setelah Sholat 5 Waktu 

SURYA.CO.ID - Membaca doa setelah sholat fardhu atau sholat 5 waktu menurut Imam Nawawi dalam Kitabnya Al Adzkar, hukumnya sunnah muakkad (sunnah yang disepakati ulama).

Selain sunnah yang sangat dianjurkan, membaca doa setelah sholat fardhu tidak mungkin sia-sia, karena Rasulullah SAW bersabda itu adalah waktu mustajab.

"Dari Abu Umamah, ia berkata: Dikatakan kepada Rasulullah SAW, apakah doa yang paling didengarkan? Rasulullah menjawab: Doa di tengah malam dan doa di akhir sholat wajib." (HR at-Tirmidzi).

Apa saja doa yang dibaca setelah sholat fardhu?

Dikutip dari e-book berjudul Doa dan Dzikir oleh Syeikh Abdulaziz bin Baz, inilah selengkapnya:

Doa Singkat Setelah Sholat 5 Waktu

1. Membaca Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمِ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ ×٣

Astaghfirullaahal ‘adziim alladzii laaailaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih.

"Aku memohon ampun kepada Allah yang maha agung , tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah , dzat yang maha hidup kekal abadi dan terus menerus mengurus makhluknya tiada henti. Dan aku bertaubat kepada-Nya."

2. Membaca Dzikir Kalimat Tauhid

لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Laaailaaha illallaah wahdahu laa syariikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyii wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syain qodiir.

"Tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu baginya. Hanya milikinya segala kerajaan dan hanya milikinya segala puji, baik yang hidup atau mati, Dialah Dzat yang kuasa atas segala sesuatu."

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved