Berita Pasuruan

Tiga Desa di Kecamatan Purwodadi Pasuruan Disapu Puting Beliung, Puluhan Rumah Warga Rusak

Rumah warga tiga desa di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, tersapu angin puting beliung, Selasa (29/11/2022).

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Galih Lintartika
Kondisi salah satu rumah warga di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, yang rusak usai disapu puting beliung, Selasa (29/11/2022). 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Rumah warga tiga desa di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, tersapu angin puting beliung, Selasa (29/11/2022).

Dari data yang didapatkan, tiga desa tersebut adalah Desa Parerejo, Gajahrejo dan Sentul.

Kepala Desa Parerejo, Mohammad Maskur mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan berapa rumah warga yang terdampak.

“Ini pak Kasun sedang saya minta menginventarisir berapa rumah yang rusak akibat kejadian ini,” kata Maskur saat dihubungi SURYA.CO.ID.

Menurutnya, ada beberapa rumah yang mengalami kerusakan akibat disapu angin puting beliung. Mulai kerusakan ringan sampai parah.

“Dari data yang kami dapatkan sementara, ada yang rusak bagian depannya, ada yang dapurnya atau bagian lain dari rumah,” paparnya.

Disampaikan Maskur, kerusakan mayoritas ada di bagian atasnya seperti genteng atau kanopi.

Ia melanjutkan, ada juga sejumlah pohon yang tumbang akibat puting beliung tersebut. Namun, warga sudah mengevakuasi pohon tumbang ini.

“Kami sudah laporkan ke BPBD terkait kondisi ini. Hanya saja, kalau data pasti kerusakannya masih dalam proses pendataan,” jelasnya.

Maskur menerangkan, dari laporan warga, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, diawali dengan hujan deras dan disusul angin kencang.

“Kami berharap, Pemkab Pasuruan segera melakukan penanganan agar rumah warga yang rusak bisa mendapatkan perbaikan,” tegasnya

Sugiyanto, Kepala Desa Sentul juga membenarkan peristiwa angin puting beliung itu. Hanya saja, rumah warga di desanya aman.

“Kalau rumah warga tidak ada yang terdampak, allhamdulillah. Tapi ada satu pohon besar yang tumbang,” lanjutnya.

Pohon itu, kata dia, sempat menutup jalan akses Surabaya-Malang. Bahkan, sempat menimbulkan kemacetan yang lumayan panjang.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved