Berita Madiun

Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024, Pendaftar Badan Ad Hoc PPK Kota Madiun Melebihi Target

Jumlah pendaftar seleksi Badan Ad Hoc PPK untuk kebutuhan Pemilu 2024 di Kota Madiun sudah menembus angka 300 orang. Kebutuhan hanya 15 orang.

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Febrianto Ramadani
Ketua KPU Kota Madiun, S Wisnu Wardhana saat sosialisasi tahapan Pemilu 2024 di XO Signature Hotel Kota Madiun, Selasa (29/11/2022). 

SURYA.CO.ID, MADIUN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun tengah memproses pendaftaran seleksi Badan Ad Hoc PPK, sebagai salah satu tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Ketua KPU Kota Madiun, S Wisnu Wardhana mengatakan, jumlah pendaftar sudah menembus angka 300 orang.

Sementara, untuk kebutuhan hanya ada 5 orang di tiap kecamatan. 

"Kami hanya butuh 15 orang. Ini merupakan antusiasme masyarakat yang perlu kami apresiasi, bahwa mereka juga ingin berpartisipasi aktif dalam proses pemilu di Kota Madiun," ujar Wisnu, Selasa (29/11/2022).

Pendaftarannya, lanjut dia, dilakukan sampai hari ini melalui laman siakba.kpu.go.id dengan harus menyertakan dokumen-dokumen antara lain surat kesehatan yang menyatakan hasil lab terkait pemeriksaan gula darah dan kolesterol.

"Persyaratan tersebut adalah hal yang baru. Kami ingin mendapatkan penyelenggara yang kompeten dan juga sehat. Agar bisa melaksanakan setiap tahapan dengan baik," ungkapnya.

"Setelah pendaftaran ditutup akan kami umumkan hasil seleksi administrasi tanggal 2 Desember. Setelah itu, dilaksanakan seleksi tertulis menggunakan metode CAT Komputer, direncanakan di SMK 1 Kota Madiun awal Desember," lanjut Wisnu.

Terkait honorarium, Wisnu menyebut, sesuai surat menteri yang diterima, jabatan ketua digaji sebesar Rp 2,5 juta, kemudian anggota Rp 2,2 juta.

Nominal tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan Pemilu 2019.

"Sebelumnya Rp 1,5 juta untuk jabatan ketua, Rp 1,3 juta bagi anggota. PPK bekerja nanti pemilu maksimal 2 bulan setelah pemungutan suara, kalau berjalan dengan satu putaran. Jika dua putaran pastinya akan diperpanjang," jelas Wisnu.

"KPU Kota Madiun juga akan melakukan seleksi PPS seleksi mulai bulan Desember setelah PPK," tutupnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved