Berita Blitar

Bangunan IPAL di Tanjungsari Kota Blitar Ambrol, BPBD Pasang Pipa Darurat

Bangunan IPAL ambrol akibat tergerus air hujan. Selain itu, bangunan IPAL juga sudah lama sejak 2003.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/samsul hadi
Kondisi bangunan IPAL di Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, yang ambrol, Selasa (29/11/2022). 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di RW 2 Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, ambrol sepanjang 10 meter dengan ketinggian lima meter.

Bangunan IPAL ambrol akibat tergerus air hujan. Selain itu, bangunan IPAL juga sudah lama sejak 2003.

"Kami sudah melakukan penanganan darurat dan berkoordinasi dengan DPUPR terkait perbaikan bangunan IPAL yang ambrol," kata Kabid Kedaruratan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Blitar, Setya Wiratno, Selasa (29/11/2022).

Setya mengatakan, penanganan darurat yang dilakukan BPBD, yaitu, memasang pipa paralon untuk menyalurkan air limbah dari rumah warga ke IPAL.

Penanganan darurat dilakukan agar air limbah dari rumah warga tidak meluber ke kolam ikan milik warga yang posisinya berada di bawah bangunan IPAL.

"Bangunan IPAL itu wewenangnya di DPUPR. Nanti, secara teknis, perbaikannya dilakukan oleh DPUPR," ujarnya.

Selain itu, kata Setya, BPBD juga akan melakukan penanganan darurat di lokasi bangunan talud longsor di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

BPBD berencana memasang karung berisi pasir dan anyaman bambu atau sesek untuk menahan bangunan talud yang longsor.

"Untuk penanganan darurat di Gedog, kami masih menunggu kesiapan Kaltana (kelurahan tangguh bencana). Rencananya kami akan kerja bakti memasang karung pasir dan sesek di lokasi bangunan talud longsor," katanya.

Sekadar diketahui, untuk kejadian longsor bangunan talud di Kelurahan Gedog juga berdampak pada satu bangunan rumah warga di lokasi.

Dinding bangunan rumah warga rusak karena ikut terseret bangunan talud longsor. Untuk sementara, pemilik rumah dan keluarganya mengungsi ke rumah saudara.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved