Berita Jember

Polisi Ungkap Modus Perampok Toko Emas di Jember, Pelaku Mengamati Kebiasaan Korban Selama Dua Hari

Pelaku mengambil paksa emas seberat 1,5 kg dan uang tunai senilai Rp 18 juta dari toko perhiasan di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Kaliwates, Jember.

Penulis: Imam Nahwawi | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Imam Nahwawi
Kapolres Jember, Hery Purnomo menunjukan barang bukti hasil perampokan di Toko Emas Murni, Senin (28/11/2022). 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Soryanto (39) terpaksa harus diamankan oleh Tim Kalong Satreskrim Polres Jember, karena telah terbukti merampok sejumlah perhiasan di Toko Emas "Murni".

Pria asal Kecamatan Patrang ini, telah mengambil paksa emas seberat 1,5 kilogram dan uang tunai senilai Rp 18 juta dari toko perhiasan milik Agus (72) yang berada di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Kaliwates

Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo mengungkapkan, dua hari sebelum melakukan aksinya, pelaku mengamati kebiasaan pemilik toko emas saat menjelang pagi hari. 

"Berdasarkan pengamatan pelaku, benar kalau pemilik toko pukul 03.00 selalu keluar untuk jalan-jalan ke Pasar Tanjung," ujarnya saat jumpa pers di Mapolres Jember, Senin (28/11/2022) 

Setelah mengetahui aktifitas korban, kata Hery, pelaku merencanakan merampok toko emas milik warga keturunan Tionghoa tersebut menjelang waktu salat subuh. 

"Dan pada pukul 03.00, pelaku sudah berada didepan toko emas. Dan saat korban keluar toko, pelaku langsung menarik korban untuk kembali masuk ke tokonya dan saat itu korban sempat melakukan perlawanan," jelasnya

"Namun tersangka menggunakan besi yang sudah dipersiapkan sebelumnya untuk memukul korban di bagian tengkuk dan dahi, hingga membuat korban jatuh terkapar," ungkapnya.

Mendengar keributan , istri korban yang tidur di lantai tiga turun kebawah. Bahkan menyaksikan tersangka menganiaya korban. 

"Lalu pelaku meminta istri korban membuka branakas yang berisi uang senilai Rp 18 juta dan dan seluruh emas yang berada di laci toko untuk diserahkan kepada tersangka" ujar Hery. 

Setelah itu, lanjut Hery, pelaku yang diketahui juga residivis tindak pidana pencurian pada tahun 2006 tersebut, membawa kabur uang dan emas tersebut.

"Dari hasil penggeladahan, pelaku menyimpan emas tersebut di belakang rumahnya. Uang Rp18 juta itu dibelikan motor Beat senilai Rp 8,5 juta dan motor listrik senilai Rp 4, 5 juta," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved