Berita Surabaya

Hari Menanam Pohon Indonesia, Kampanye Pemulihan dan Budayakan Kelestarian Alam Sekitar

Perayaan ini juga dimanfaatkan sejumlah komunitas di Surabaya sebagai bentuk membangun kesadaran dan edukasi terkait peduli lingkungan.

Penulis: Nur Ika Anisa | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Puteri Anak Indonesia Budaya
Kegiatan tanam pohon oleh komunitas Surabaya untuk peringati Hari Menanam Pohon Indonesia sekaligus kampanye pelestarian lingkungan. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Kesadaran akan manfaat pohon atau tumbuhan bagi kehidupan manusia diabadikan dengan perayaan Hari Menanam Pohon Indonesia pada 28 November 2022.

Perayaan ini juga dimanfaatkan sejumlah komunitas di Surabaya sebagai bentuk membangun kesadaran dan edukasi terkait peduli lingkungan.

Kegiatan bertajuk One Tree for Eternity ini diinisiasi Komunitas Green Living Support, bergerak pada lestari alam dan Lama-Lama Indonesia, konunitas sustainable fashion.

Keduanya mengadakan tanam bibit di kebun jati daerah Dukuh Pakis Surabaya.

“Kegiatan ini sebenarnya untuk menyadarkan masyarakat pentingnya memanfaatkan lahan di sekitar kita meskipun di depan rumah dan sekecil apapun. Aksi tanam pohon sekecil apapun suatu saat pengaruhnya besar terutama di kota besar yang jejak karbonnya besar dan ini langkah kecil melakukan penghijauan,” kata Ketua Pelaksana Juan Khaidir.

Juan melanjutkan, bentuk partisipasi kegiatan Hari Menanam Pohon ini terbagi dari donasi, pemberian bibit, mengikuti tanam pohon dan tanam pohon di rumah.

Ada sekitar 180 bibit dari donasi dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya.

“Konsepnya serentak dilakukan, temen-temen di luar Surabaya juga bisa melakukan untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia. Semoga bisa menjadi kegiatan yang rutin menimbang polusi udara yang cukup besar, semoga semua elemen bisa mendukung kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Acara yang dibuka untuk umum ini sekaligus diikuti Puteri Anak Indonesia Budaya 2022, beberapa komunitas dan warga setempat sebagai partisipannya.

Puteri Anak Indonesia Budaya 2022 Karina Aliya Afandi menilai bahwa, kegiatan menanam pohon sangat penting untuk membudayakan masyarakat terutama anak-anak tentang pelestarian lingkungan sejak dini.

Bahwa hampir seluruh pohon memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Oleh karenanya, ia dan rekannya memanfaatkan Hari Menanam Pohon Indonesia sebagai bagian dari ajakan melestarikan lingkungan.

“Ini sangat penting sekali karena bagian dari berbudaya melestarikan lingkungan dengan menanam pohon, dapat menjaga suhu bumi tetap dingin, mengurangi polusi, dan memberi oksigen bagi kita semua,” kata Puteri Anak Indonesia Budaya 2022, Karina Aliya Afandi.

Keseruan menanam tanaman di antaranya bibit belimbing wuluh, tomat, sirsak dan tanaman obat keluarga (toga) membuat Karina tergerak untuk menularkan kegiatan positif tersebut ke rekan-rekannya.

“Berbudaya menanam pohon sejak dini dapat menumbuhkan rasa peduli dengan lingkungan yang bersih dan bebas penyakit,” ucap Karina.

Dara berusia 12 tahun jebolan ajang Puteri Anak Indonesia ini juga mengajak anak seusianya untuk menjaga lingkungan sekitar.

Misalnya, berkebun bersama maupun tidak membuang sampah sembarangan.

“Kebetulan orang tua saya hobi berkebun, sehingga saya pun tertular. Dan hal itupun saya tularkan kepada teman-teman supaya berbudaya menjaga lingkungan dengan tidak menginjak tanaman di tempat umum, tidak membuang sampah sembarangan, merawat tanaman yang dapat dimulai dari berkebun di kebun rumah sendiri,” tutupnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved