LIGA INGGRIS

BREAKING News Liga Inggris: Pangeran Saudi Akan Beli MU dan Liverpool, Bersaing dengan Qatar

Konsorsium Arab Saudi pimpinan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Muhamed bin Salmen (MBS) di kabarkan telah menyampaikan tawaran MU dan Liverpool.

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Suyanto
bolosport
Putra Mahkota Kerajaan Saudi, Pangeran Mohammad bin Salman (MBS) dengan konsorsium PIF telah membeli Newcastle United tahun 2021 dan kini bersiap membeli Manchester United (MU) dan Liverpool 

SURYA.co.id I Konsorsium Arab Saudi pimpinan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Muhamed bin Salmen (MBS) di kabarkan telah menyampaikan tawaran pembelian Klub Liga Inggris, Manchester United (MU) dan Liverpool.

Dikutip SURYA dari Mirror.co.uk, konsorsium Arab Saudi telah menghubungi dan menyampaikan minat membelu kepada pemilik Manchster United (MU) dan Liverpool.

Konsorsium Arab Saudi tidak sendiri. Mereka mendapatkan saingan dari konsorsium Qatar.

Jika rencana ini berjalan mulus, warna Arab akan semakin terlihat di Liga Inggris. Sebelumnyam konsorsium Arab SaudiDana Investasi Publik (PIF) - dana kekayaan negara yang dikelola negara Arab Saudi di bawah pimpinan Pangeran Muhamed bin Salamn, telah membeli Newcastle pada Oktober 2021.

Baca juga: Breaking News Liga Inggris: Liverpool Dijual Rp 70,3 Triliun, Kennedy: Sudah Banyak Peminat

Baca juga:  Manchester United Dijual, Ini Calon Pembelinya

LIVERPOOL akan dijual. Harga ditaksir Rp 70,3 triliu
LIVERPOOL akan dijual. Harga ditaksir Rp 70,3 triliu (twitter@LiverpoolFC)

Rencana pembelian oleh Arab Saudi dan Qatar menimbulkan kekhawatiran penggemar Liverpool. Mereka khawatir, ada keterlibatan negara (Arab dan Qatar) dalam mengurus tim.

Apalagi setelah muncuk banyak kecaman terkait isu ham dalam Piala Dunia Qatar 2022 akibat larangan gay datang menonton. Juga pembatas hak-hak perempuan oleh kedua negara.

Dilaporkan Mirror.co.uk, konsorsium Arab dan konsorsium Qatar telah menghubungi direktur FSG Mike Gordon, yang juga salah satu direktur Liverpool, untuk mendaftarkan minat mereka. Gordon mendapat penjualan klub Merseyside.

Baca juga: Liga Inggris Kedatangan Neymar Ukraina, Mulai Januari Main Bareng Arsenal

Dikatakan bahwa kedua konsorsium adalah perusahaan milik swasta, namun itu tidak berarti kedua negara tidak akan terlibat. Tawaran Qatar dan Saudi dilaporkan memiliki hubungan dekat dengan keluarga penguasa negara itu.

Menteri olahraga Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal mengakui negara akan mendukung tawaran pengambilalihan untuk Liverpool dan rival Manchester United.

Setan Merah disiapkan untuk dijual oleh pemilik Glazers pada hari Selasa, meniru langkah pemilik Liverpool dibawah bendera Fenway Sports Group (FSG) pimpinann John W Henry.

Baca juga: Liga Inggris: Al Nassr Tawari Ronaldo Rp 3,5 Triliun, Bisa Jadi Rekor Kontrak Termahal di Jagad

"Dari sektor swasta, saya tidak bisa berbicara atas nama mereka, tapi ada banyak minat dan keinginan dan ada banyak gairah tentang sepak bola," kata kepala Saudi kepada BBC Sport.

Ini adalah liga yang paling banyak ditonton di Saudi dan kawasan ini dan Anda memiliki banyak penggemar Liga Premier.

"Kami pasti akan mendukungnya jika ada sektor swasta [Saudi] yang masuk, karena kami tahu itu akan berdampak positif pada olahraga di dalam kerajaan. Tetapi jika ada investor yang bersedia melakukannya dan jumlahnya bertambah, mengapa tidak?"

Baca juga: 5 Bintang Liga Inggris Paling Bersinar Paruh Musim Ini, Bintang Lama Tinggal Harry Kane

Tidak jelas bagaimana Arab Saudi atau Qatar akan mendukung konsorsium swasta ini.

Dalam kasus Newcastle, Dana Investasi Publik (PIF) - dana kekayaan negara yang dikelola negara Arab Saudi - memiliki 80 persen saham klub, yang merupakan saham pengendali.

Meskipun demikian, Liga Premier tidak menganggap Newcastle sebagai klub milik negara.
Mereka menerima "jaminan yang mengikat secara hukum" ini tidak terjadi ketika pengambilalihan itu selesai pada Oktober 2021. Dengan demikian, situasi serupa dapat terjadi di Liverpool atau United.

Baca juga: Maroko Tekuk Belgia 2- 0, Sabiri Catat Gol Free Kick Pertama di Piala Dunia 2022

Baik Liverpool dan United telah menarik minat dari tempat lain. Kabar lainnya, Jurgen Klopp telah melakukan pembicaraan dengan pembeli yang berbasis di AS.

Sementara orang terkaya Inggris Sir Jim Ratcliffe - yang memiliki klub Ligue 1 Nice - telah lama tertarik untuk mengakuisisi Setan Merah.
Forbes menilai Liverpool pada $4,45 miliar (£3,68 miliar) dan United pada $4,6 miliar (£3,8 miliar).

Sumber: Mirror.co.uk

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
PSM Makasar
19
10
8
1
33
8
21
38
2
Madura United
19
11
3
5
26
14
10
36
3
Persib
18
11
3
4
31
25
5
36
4
Persija Jakarta
19
10
5
4
23
11
8
35
5
Bali United
19
11
1
7
40
21
14
34
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved