Berita Gresik

Surat Cinta untuk Bupati dan Wakil Bupati Gresik Galakkan Literasi Pelajar SD dan SMP

Lomba surat cinta untuk Bupati Gresik dan Wakil Bupati Gresik disebut untuk menggalakkan literasi di tingkat pelajar

Penulis: Willy Abraham | Editor: Fatkhul Alami
Humas Pemkab Gresik
Tingkatkan literasi, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani foto bersama pemenang lomba Surat Cinta untuk Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Sabtu (26/11/2022) 

 

SURYA.co.id | GRESIK - Lomba surat cinta untuk Bupati Gresik dan Wakil Bupati Gresik disebut untuk menggalakkan literasi di tingkat pelajar. Seribu siswa SD dan SMP berlomba-lomba menulis surat cinta dikirim melalui email.

Ada 12 pemenang yang mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan diserahkan langsung Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani pada penutupan Pameran Pendidikan Kabupaten Gresik.

Gus Yani -sapaan akrab Fandi Akhmad Yani- merasa senang atas terlaksananya berbagai lomba. Salah satunya lomba menulis surat cinta yang ditujukan kepadanya dan Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah.

Menurutnya, dengan adanya lomba menulis tersebut, meningkatkan minat literasi di Gresik.

Dengan adanya lomba literasi seperti ini, lanjut Gus Yani, menunjukkan bahwa Kabupaten Gresik turut menyumbangkan IQ nasional di masa yang akan datang. Sebab, IQ nasional Indonesia terendah nomor dua se-Asia tenggara. IQ nasional peringkat 30 se-Asia dan peringkat 130 sedunia.

"Dengan ketertinggalan itu bisa dikejar dengan literasi. Yakni, membiasakan anak-anak sejak dini menulis dan membaca apapun dengan senang. Karena hanya dengan literasi, IQ kita bisa tumbuh," ujar Bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani itu.

Dikatakan Gus Yani, literasi sangat penting di era digital. Menurutnya, skill menulis dalam industri di masa depan akan dibutuhkan pada profesi dan pekerjaan apapun. Karena itu, pihaknya mendorong anak-anak agar mau menulis meskipun sederhana. Untuk itu, Gus Yani berharap kedepannya lomba literasi dapat dilakukan secara rutin setiap tahun, mulai tahun depan.

"Maka mudah-mudahan mulai 2023 nanti, kita dapat menggalakkan semangat literasi sejak dini. Kita tidak bisa menyiapkan tantangan di masa depan untuk anak-anak kita, tapi setidaknya kita bisa menyiapkan anak-anak kita terhadap tantangan di masa depan. Salah satunya dengan gerakan literasi sejak dini,"ungkapnya.

Gus Yani berpesan kepada para juara lomba menulis surat cinta agar terus semangat dalam latihan menulis dan meningkatkan skillnya sehingga nantinya siap berkompetisi di tingkat nasional untuk mengikuti lomba literasi lain dan bersaing kompetitif dengan seluruh pelajar se-Indonesia.

"Selamat untuk anak-anakku yang juara. Tetap semangat dan terus berlatih menulis dengan baik. Jangan berpuas diri dulu, jadikan prestasi ini sebagai lecutan untuk meningkatkan skill menulis kalian, agar nantinya kalian mampu bersaing dengan kompetitif dalam lomba menulis tingkat nasional yang pesertanya pelajar seluruh Indonesia,"pesannya.

Berikut pemenang lomba menulis surat cinta untuk Bupati dan Wakil Bupati Gresik kategori SMP :

Juara 1 : oleh Karina Syifa Nuur Callysta dari SMP Muhammadiyah 1 Gresik

Juara 2 : Debby Ellzadiya Nurmasyita dari MTs Muhammadiyah 9 Wotan

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved