Berita Surabaya

Alumni Universitas Anwar Medika Gelar Baksos Kesehatan di Sidoarjo

Para Alumni bersama sejumlah mahasiswa Universitas Anwar Medika menggelar bakti sosial kesehatan ke perkampungan di Sidoarjo, Minggu (27/11/2022)

Surabaya.Tribunnews.com/Bobby Koloway
Para Alumni bersama sejumlah mahasiswa Universitas Anwar Medika menggelar bakti sosial pemeriksaan kesehatan ke perkampungan, Minggu (27/11/2022) 

 

SURYA.co.id | SURABAYA - Para Alumni bersama sejumlah mahasiswa Universitas Anwar Medika menggelar bakti sosial kesehatan ke perkampungan di Sidoarjo, Minggu (27/11/2022).

Menyasar ratusan warga di Dusun Sigit, Desa Kedungkembar, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo, kegiatan ini juga diisi berbagai program penyuluhan hingga pemeriksaan kesehatan.

"Hari ini kami melakukan penyuluhan sekaligus mengecek kesehatan warga," kata Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Anwar Medika (IKA UAM), Ahmad di sela acara.

Menarget 200 orang peserta, acara ini bertujuan untuk memberikan kesadaran bagi warga soal berbagai penyakit, di antaranya diabetes.

Menurutnya, belum banyak masyarakat yang peduli terhadap pencegahan penyakit ini.

"Banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap bahaya penyakit diabetes. Padahal, penyakit ini berbahaya apabila tanpa pencegahan," katanya.

Untuk diketahui, jumlah diabetes di Indonesia cukup besar. Mengutip Data International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2021, Indonesia menempati peringkat ke-5 penderita diabetes terbesar di dunia.

Angka ini meningkat hampir dua kali lipat hanya dalam waktu dua tahun, dibandingkan tahun 2019 sebesar 10,7 juta. Bersamaan dengan awal pandemi, jumlah serangan diabetes di Indonesia mencapai 18 juta pada tahun 2020.

Pada saat itu, prevalensi kasus tersebut meningkat 6,2 persen dibandingkan tahun 2019. Hal ini dianggap cukup mengkhawatirkan, karena diabetes merupakan 'ibu' dari berbagai penyakit serius yang bisa meningkatkan risiko morbiditas dan mortalitas pasien.

Karenanya, dalam bakti sosial ini diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari cek tensi, gula darah, penyuluhan kesehatan, hingga senam.

"Kami juga sosialisasi untuk pencegahan diabetes. Termasuk, soal pola makan dan gaya hidup sebagai pencegahan," katanya.

Kegiatan ini melibatkan 20 tenaga kesehatan. Mulai dari alumni hingga sejumlah mahasiswa aktif. Mulai dari S1 Farmasi, D3 farmasi, hingga D3 teknologi laboratorium medik.

"Kegiatan ini rutin menjangkau perkampungan. Alhamdulillah, masyarakat begitu antusias mengikuti acara ini," katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved