Gempa Cianjur

Disebut Banyak Para Korban Gempa Cianjur Alami Sembelit, Tagana Kota Batu Kirim Bantuan Sayur Mayur

Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batu memberikan bantuan sayur mayur untuk korban gempa dan longsor di Kabupaten Cianjur.

Penulis: Benni Indo | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Benni Indo
Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batu berangkat mengirimkan bantuan sayur mayur untu korban gempa dan longsor di Kabupaten Cianjur, Sabtu (26/11/2022). 

SURYA.CO.ID, BATU - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batu memberikan bantuan sayur mayur untuk korban gempa dan longsor di Kabupaten Cianjur.

Tagana membawa pasokan sayur mayur asli Kota Batu.

Sayur mayur ini dibawa bukan tanpa alasan. Koordinator Tagana Kota Batu, Simon Purwo Ali mengungkapkan, berdasarkan informasi yang ia terima, pengungsi membutuhkan asupan sayur mayur.

Pasalnya, selama berada di pengungsian, banyak korban gempa Cianjur yang mengalami sembelit karena sering mengonsumsi mie instan.

"Logistik sayur mayur yang kami bawa berdasarkan laporan kebutuhan Posko Bencana Jatim yang didirikan di Cugenang, Cianjur," ujar Simon, Sabtu (26/11/2022).

Bantuan sayur mayur yang dibawa di antaranya wortel seberat 3 ton, kentang 1,5 ton hingga kacang panjang 1 kuintal.

Ditambah pula makanan ringan dan susu formula untuk anak-anak.

Beragam bantuan logistik itu nantinya akan didistribusikan kepada pengungsi melalui dapur umum yang dibentuk Posko Bantuan Jatim. Tagana Kota Batu akan bertugas selama 10 hari di sana. 

"Bencana ini membawa dampak luas, sehingga perlu penanganan bersama-sama. Wilayah terdampak mencapai 130 desa yang tersebar di 16 kecamatan," ungkap Simon.

Simon menuturkan, aneka sayur mayur yang dibawa ke Cianjur diperoleh murni dari uluran tangan kelompok keagamaan maupun kelompok masyarakat Kota Batu. Serta dibantu pula pedagang sayur maupun didapat dari petani yang mayoritas berada di Kecamatan Bumiaji. 

Kelompok-kelompok tersebut, lanjut Simon, merupakan jejaring Tagana Kota Batu dalam mendukung ketersediaan logistik pangan saat penanganan bencana.

"Bukan hanya logistik, Tagana Batu juga membawa mainan dan alat gambar untuk dibagikan kepada anak-anak di pengungsian. Karena Tagana juga memiliki peran dalam layanan dukungan psikosisosial (LDP)," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved