Berita Surabaya

Simulasi Penghitungan UMK Surabaya Munculkan Estimasi Tiga Besaran Kenaikan

Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus, maka akan muncul tiga besaran kenaikan dari UMK Surabaya tahun ini. Berikur informasi selengkapnya

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Cak Sur
Freepik via Tribunnews
ilustrasi uang UMK. Simak info terbaru Soal Kenaikan UMK Surabaya 2023. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pembahasan Upah Minimum Kota (UMK) Surabaya mendekati final. Akhir November, Dewan Pengupahan Surabaya bersama pemkot akan mengusulkan besaran kenaikan UMK kepada pemerintah provinsi.

Rencananya, rapat pleno yang mempertemukan Dewan Pengupahan dengan Pemkot Surabaya digelar awal pekan depan.

Dalam pertemuan tersebut, mereka akan menghitung persentase kenaikan berdasarkan rumus yang ditetapkan oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

Selain soal rumus, Anggota Dewan Pengupahan Surabaya, Mohammad Solichin menjelaskan, besaran kenaikan juga akan mempertimbangkan hal lain. Misalnya, soal batas kenaikan persentase yang ditetapkan Kemenaker maksimal 10 persen.

Besaran tersebut kurang dari tuntutan buruh di Jawa Timur yang meminta kenaikan sebesar 13 persen.

"Karena muncul Permenaker ini, dibatasi 10 persen," kata Solichin ketika dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (24/11/2022).

Solichin menjelaskan, bahwa usulan dari buruh bukan merupakan satu-satunya pertimbangan kenaikan.

Selain mendengar masukan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) yang juga terlibat di Dewan Pengupahan, juga ada rumus dari pemerintah pusat.

Mengutip aturan Permenaker, penyesuaian nilai upah minimum merupakan penjumlahan antara inflasi dengan perkalian pertumbuhan ekonomi dan α (alpha). Berdasarkan hitungannya, persentase kenaikan maksimal akan di bawah 10 persen.

"Kalau melihat rumusnya, untuk mencapai 10 persen juga sulit. Sebab, ada perkalian pertumbuhan ekonomi dengan α," jelas Solichin.

Indikator α merupakan indeks tertentu yang menggambarkan kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi. Penentuan nilai α harus mempertimbangkan produktivitas dan perluasan kesempatan kerja.

Dalam rumus tersebut, nilai alpha berada dalam rentang tertentu yaitu 0,10 hingga 0,30.

"Nilai alpha yang menentukan Badan Pusat Statistik (BPS)," ujarnya.

Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus, maka akan muncul tiga besaran kenaikan dari UMK Surabaya tahun ini (Rp 4.375.479).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved