Fakultas Hukum Unair Juara Nasional, Sandra Lova: Tak Menyangka Jadi Majelis Hakim Terbaik

Fakultas Hukum Unair menjadi juara nasional. Salah satu peserta Sandra Lova tak menyangka bisa menjadi majelis hakim terbaik.

Editor: Tri Mulyono
DOKUMEN FAKULTAS HUKUM UNAIR
Delegasi Fakultas Hukum Unair berfoto bersama usai menyabet lima predikat terbaik di ajang NMCC Bulak Sumur V di UGM Yogyakarta, Minggu (20/11/2022). 

SURYA.CO.ID, YOGYAKARTA - Delegasi Komunitas Peradilan Semu (KPS) Fakultas Hukum Universitas Airlangga berjaya di ajang National Moot Court Competition (NMCC) Bulak Sumur V.

Dalam ajang Kompetisi Peradilan Semu Perdata Tingkat Nasional Fakultas Hukum UGM yang rutin diselenggarakan setiap dua tahun sekali ini, Delegasi KPS FH Unair meraih lima predikat terbaik.

Dalam acara pengumuman yang digelar di Rich Hotel Yogyakarta, Minggu (20/11/2022), Delegasi KPS FH Unair menyabet predikat Majelis Hakim Terbaik, Penggugat Terbaik, Tergugat Terbaik, Panitera Pengganti Terbaik dan Saksi/Ahli Terbaik.

Sekadar diketahui, NMCC Bulak Sumur V diikuti oleh 12 delegasi dan tiga observer, yakni dari Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Universitas Udayana, Universitas Parahyangan, Universitas Padjajaran, Universitas Pelita Harapan, Universitas Bhayangkara, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Bandar Lampung, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Jambi, Universitas Negeri Semarang, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Lampung.

"Jujur nggak nyangka banget bisa jadi majelis hakim terbaik," ucap Sandra Lova, anggota Delegasi KPS FH Unair yang meraih predikat Majelis Hakim Terbaik di ajang NMCC Bulak Sumur V, kemarin.

Diceritakannya, proses untuk meraih predikat majelis hakim terbaik itu tak mudah.

Karena semua proses seperti membuat putusan sela, putusan akhir dan berkas-berkas lainnya itu benar-benar dilakukan oleh Delegasi KPS FH Unair sendiri.

"Kita mondar-mandir ke PN Surabaya buat konsul, hampir tiap minggu ketemu sama Pak Agung (Hakim PN Surabaya) buat konsultasi apa udah bener putusannya, apakah sikap majelis sudah benar dalam menentukan sikap. Dan alhamdullilah terbayar dengan juara," ucapnya girang.

"Lebih kaget lagi, soalnya waktu hari H sidang final aku (Hakim Anggota I) dan safira (Hakim Ketua) sempat salah minor. Syukurlah, ternyata jurinya tetap berpihak ke kita dan ngasih nilai baik," kenang Sandra.

Nabil Arijala, Hakim Anggota II di Delegasi KPS FH Unair mengaku sangat kagum dengan tim ini karena mampu bertahan dari awal hingga akhir tanpa ada yang kurang sedikit pun meski melalui berbagai macam perjalanan yang tidak mulus.

"Definisi stres bareng, happy bareng dilalui bersama-sama dan pada akhirnya menuai hasil yang maksimal. Terima kasih delegates sudah mau berjuang sejauh ini akhirnya bisa menuntaskan dengan berkolaborasi untuk meraih mimpi yakni menjadi Juara 1," ucap Nabil Arijala.

Ketua Delegasi KPS FH Unair, Reynaldi mengaku bangga dengan perjuangan teman-teman sampai detik ini hingga berhasil mendapat juara 1 dan mendapat predikat semua peran terbaik.

"Memang usaha itu tidak pernah mengkhianati hasil work hard paid off saya bangga karena bisa mengharumkan nama almamater khususnya Fakultas Hukum Unair. Pesan saya : tetap berjuanglah untuk tidak pernah lelah tetap mengasah diri karena kemampuan orang itu tanpa batas," kata Reynaldi.

Project Officer NMCC Bulak Sumur V, Eduardo Kayona mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kembali event Bulak Sumur setelah sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

"Selamat kepada semua delegasi," ucapnya singkat.

Dalam sambutannya, Direktur Satria Paramartha 2022, Sukma Hadiwijaya mengaku senang bahwa semua tim yang terlibat telah berhasil menyelenggarakan even NMCC Bulak Sumur V dengan sukses.

"Saya senang sekali karena ada juara baru di ajang ini. Sekali lagi selamat," kata dia.

Kaprodi Fakultas Hukum Gadjah Mada, Wahyu Yun Santoso mengatakan kompetisi yang telah diselenggarakan sejak tahun 2012 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keilmuan dan penelitian di bidang hukum perdata bagi mahasiswa/i fakultas hukum di seluruh Indonesia.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua," kata dia mewakili Dekan FH Gadjah Mada yang berhalangan hadir. (rendy nicko)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved