Berita Kota Kediri

Dukung Potensi Perikanan di Kota Kediri, Wali Kota Tebarkan 25 Ribu Benih Ikan di 5 Embung

Kota Kediri memiliki potensi besar di bidang perikanan. Perputaran budidaya ikan begitu besar serta memiliki petani ikan hias.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Deddy Humana
surya/didik mashudi
Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menebar benih ikan di Embung Sumber Jimput, Kota Kediri, Kamis (24/11/2022). 

SURYA.CO.ID, KOTA KEDIRI - Memperingati Hari Ikan Nasional ke-9, Kota Kediri mendapat bantuan 25.000 benih ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim. Benih ikan tersebut selanjutnya ditebar ke lima embung yang ada di Kota Kediri, Kamis (24/11/2022).

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar juga memimpin penyerahan dan penebaran benih di beberapa embung tersebut. Ada sejumlah jenis benih ikan yang ditebar seperti muraganting, tawes, baderbang, nilam, dan gurami.

Selain di Sumber Jiput, benih ikan juga disebar di Sumber Ngasinan Rejomulyo, Sumber Glodok Blabak, Sumber Bulus Tosaren, dan Sumber Gayam.

Abu Bakar menjelaskan, Kota Kediri memiliki potensi besar di bidang perikanan. Perputaran budidaya ikan begitu besar serta memiliki petani ikan hias. "Saat pandemi lalu banyak petani ikan yang sukses," tambahnya.

Karena itu ia mengajak Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur untuk berkolaborasi menggerakkan perekonomian melalui bidang perikanan. Karena Kota Kediri juga memiliki potensi di bidang perikanan.

"Harapan saya ada bimbingan khusus ataupun program untuk menambah ilmu bagi petani ikan di Kota Kediri. Beberapa waktu lalu kami mencoba memberikan peluang kepada teman-teman peternak ikan di Kelurahan Gayam," ungkapnya.

Usai menebar benih ikan, Abu Bakar menyerahkan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka) yang telah tercetak 43 kartu. Kartu Kusuka menjadi identitas profesi pelaku usaha, mulai pembudidaya ikan, pengolah ikan, nelayan, pemasar ikan, hingga petambak garam.

Selain itu Kartu Kusuka berfungsi sebagai basis data untuk memudahkan perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha kelautan dan perikanan yang bisa dimanfaatkan sebagai kartu ATM.

Sementara Agus Hendro, salah satu penerima Kartu Kusuka mengaku senang mendapat kemudahan sebagai pelaku usaha. "Terima kasih sudah diberi kartu ini. Semoga bermanfaat," ujar pembudidaya ikan koi asal Kelurahan Pakunden itu. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved