Berita Lamongan

Beri Bantuan Hukum Gratis untuk Warga Binaan Miskin, Lapas Lamongan Gandeng LABH Al Banna

Kalapas Lamongan, Mahrus mengatakan, pihaknya harus peduli dengan para tahanan dalam menghadapi proses perkara.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Deddy Humana
surya/hanif manshuri
Perwakilan Lapas Kelas IIB dan LABH Al Banna Lamongan membuat kesepakatan bersama untuk PBH, Kamis (24/11/2022). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN - Kejadian tindak pidana di Lamongan mengalami trend peningkatan, yang diketahui dari jumlah warga binaan, termasuk yang masih berstatus tahanan di Lapas Kelas II B Lamongan. Kondisi ini mendorong Lapas Lamongan agar selalu siap menjadi tempat titipan tahanan untuk menjadi warga binaan sampai menanti vonis di pengadilan.

Dan dengan semakin tingginya tingkat hunian warga binaan, Lapas Kelas II B Lamongan juga dituntut memperbanyak inovasi dalam menjalankan aturan. Termasuk kepedulian terhadap warga binaan yang tergolong tidak mampu namun berperkara dengan hukum.

Kalapas Lamongan, Mahrus mengatakan, pihaknya harus peduli dengan para tahanan dalam menghadapi proses perkara. "Caranya, dengan memberikan pendampingan hukum, termasuk alokasi dananya," kata Mahrus, Kamis (24/11/2022).

Lapas Lamongan, tambah Mahrus, melangkah dengan memberikan penyuluhan hukum dan materi layanan hukum. Karena itu tim Penyuluh Hukum Muda Kanwil Kemenkumham Jatim, Ayu Febriana dihadirkan untuk memberikan materi layanan bantuan hukum.

Ayu Febriana memberikan materi bersama tim adviser LABH Al Banna Lamongan, Juris Justitio Hakim Putra. Ayu dalam paparannya menjelaskan, bahwa bagi masyarakat miskin atau tidak mampu, ada bantuan hukum secara gratis melalui saluran Pemberi Bantuan Hukum (PBH). "Ini bantuan dari pemerintah untuk warga miskin yang sedang berperkara dengan hukum, " kata Ayu.

Sementara LABH Al Banna diketahui selama ini sudah melakukan kerjasama bantuan hukum dengan beberapa instansi di antaranya Polres Lamongan dan Pengadilan Negeri Lamongan. "Kini kami melanjutkan MoU dengan Lapas Kelas II B Lamongan, " kata Juris.

Juris memastikan, LABH Al Banna siap bekerjasama untuk PBH bagi warga yang tidak mampu dan sedang berperkara dengan hukum. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved