Berita Probolinggo

BREAKING NEWS Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,1 Guncang Wilayah Probolinggo

Gempa berkekuatan Magnitudo 4,1 melanda Kabupaten Probolinggo, Rabu (23/11/2022), pukul 17.45 WIB. Warga panik dan berhamburan keluar rumah  

Penulis: Danendra Kusumawardana | Editor: Cak Sur
Istimewa/BMKG
Berdasar data BMKG Juanda, gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1 melanda Kabupaten Probolinggo, Rabu (23/11/2022).  

SURYA.CO.ID, PROBOLINGGO - Berdasar data BMKG Juanda, gempa berkekuatan Magnitudo 4,1 melanda Kabupaten Probolinggo, Rabu (23/11/2022), pukul 17.45 WIB. 

Titik gempa berada di 14 km timur laut Kabupaten Probolinggo dengan kedalaman 6 km. 

Beberapa warga di wilayah Kecamatan Kraksaan, Kecamatan Pakuniran, Kecamatan Kotaanyar dan Kecamatan Paiton, mengaku merasakan guncangan gempa. 

Warga Desa Sambirampak Kidul, Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, Siti Arbiya (23) mengatakan, dia merasakan getaran gempa yang sangat kuat.

Baca juga: Rumah Warga Probolinggo Retak Diguncang Gempa, BPBD Lakukan Asesmen dan Pendataan

Suara yang dihasilkan gempa juga bikin dirinya khawatir. Disebutnya, suara  tersebut terdengar seperti kayu besar yang patah. 

"Rumah saya sangat bergetar saat gempa berlangsung. Rumah seperti mau terbalik. Ada suara seperti kayu besar yang patah. Beruntung, tidak ada kerusakan pada rumah saya akibat gempa," kata Siti kepada SURYA.CO.ID. 

Siti mengungkapkan, ketika gempa terjadi dia bersama suami sedang berada di ruang tamu. 

Siti bersantai, sedangkan suaminya memperbaiki kipas angin yang kebetulan tengah rusak. 

"Begitu gempa terasa, saya dan suami lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Tetangga sekitar juga panik dan berhamburan keluar rumah," paparnya. 

Sementara itu, Kapolres Probolinggo AKBP, Teuku Arsya Khadafi menyebut pembangkit listrik PT PJB di Paiton tak terdampak getaran gempa. 

Saat ini, personel polsek juga dikerahkan untuk mengecek dampak gempa di wilayah masing-masing. 

"Saya mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan segera melapor kepada kepolisian bila terkena dampak dari gempa yang baru saja terjadi," pungkasnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved