KPU Jatim Minta Kader DP3 Jadi Agen Sosialisasi Kepemiluan

KPU Jatim mengharapkan kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) dapat menjadi agen sosialisasi kepemiluan, minimal kepada lingkungan terdekat.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Yusron Naufal Putra
Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - KPU Jatim mengharapkan kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) dapat menjadi agen sosialisasi kepemiluan, minimal kepada lingkungan terdekat.

Dengan begitu, diharapkan tingkat partisipasi pemilih dan kualitas pemilih di Pemilu 2024 mendatang dapat terus meningkat. 

Demikian disampaikan Komisioner KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro saat membekali 25 kader DP3 dalam Bimtek Lanjutan di kawasan Desa Bakung Pringgodani, Balongbendo Sidoarjo, Selasa (22/11/2022). 

Dalam keterangannya, Gogot menyampaikan kegiatan itu sebagai bentuk komitmen bahwa agenda DP3 berkelanjutan, percontohan bagi desa/kelurahan lain terkait agen-agen Pemilu. 

"Dan KPU akan terus melakukan pendampingan terhadap kader DP3 ini,” kata Gogot yang merupakan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim ini. 

Menurut Gogot, pihaknya berharap betul dengan Bimtek ini agar kader DP3 benar-benar siap ketika terjun ke masyarakat. Sebab, upaya ini bertujuan untuk membentuk banyak agen sosialisasi KPU. 

Sebagai kader DP3, mereka harus mampu menyampaikan informasi kepemiluan kepada orang-orang terdekat.

"Seperti keluarga, teman, tetangga dan komunitasnya untuk menggunakan hak pilih,” jelasnya. 

Lebih lanjut, Gogot juga berharap masyarakat dalam memilih bukan karena pertimbangan pragmatis maupun pertimbangan yang tidak rasional. 

"Tapi, memilih dengan melihat rekam jejak, kapasitas serta program-program yang dimiliki oleh calon pemimpin yang akan dipilih,” ucap Gogot. 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved