Berita Sidoarjo

Jembatan Prasung Diperbaiki Sementara, Wabup Sidoarjo Sebut Pembangunan Baru Dilakukan Tahun Depan

untuk sementara ini perbaikan jembatan dilakukan melalui anggaran pemeliharaan Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Sidoarjo

Penulis: M Taufik | Editor: Deddy Humana
surya/m taufik
Wabup Sidoarjo, Subandi mendatangi jembatan rusak di Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Selasa (22/11/2022). 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Kerusakan para pada jembatan di Desa Prasung, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo sejak beberapa waktu lalu, dipastikan tidak bisa dibenahi dengan membangun kembali tahun ini. Jembatan sepanjang 10 meter yang menghubungkan dua dusun di Desa Prasung kemungkinan baru bisa diperbaki menjadi jembatan baru pada 2023 mendatang.

Seperti diketahui, Jembatan Prasung memang memprithatinkan sehingga warga hanya bisa menutupinya dengan kayu dan bambu di sebagian ruas agar bisa dilewati kendaraan. Itupun hanya sebagian, dan bisa dilewati bergantian.

Kondisi tersebut sampai ke telinga Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, Subandi. Wabup pun datang ke jembatan itu bersama Kepala Dinas PU BMSDA Sidoarjo Dwi Eko Saptono, Selasa (22/11/2022).

Subandi melihat langsung kondisi jembatan ini, dan menjelaskan bahwa pemda akan segera melakukan perbaikan dengan menggunakan anggaran pemeliharaan dari Dinas PUBMSDA Sidoarjo.

Menurut Subandi, untuk sementara ini perbaikan jembatan dilakukan melalui anggaran pemeliharaan Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo. Apabila nantinya perbaikan dirasa kurang maksimal, maka akan dilakukan pembangunan jembatan yang lebih baik.

Jembatan bisa dilebarkan dan dibangun ulang. Namun hal itu dapat dilakukan di tahun 2023 mendatang. “Sementara kita lakukan perawatan dulu. Pekan ini dikerjakan, kalau nanti perawatan masih tidak efektif, Insya Allah tahun anggaran 2023 kita bangun jembatan yang bagus,” kata Subandi.

Subandi mengakui akses jalan melalui jembatan tersebut memang padat. Artinya, keberadaan jembatan ini penting untuk aktivitas warga di sana. "Jembatan ini menjadi akses kendaraan dari arah Desa Banjarsari maupun menuju dari Desa Dukuh Tengah, menjadi hilir mudik masyarakat setiap waktu,” lanjutnya.

Kepala Dinas PU BMSDA Sidoarjo, Dwi Eko Saptono mengatakan, perbaikan jembatan akan segera ditindaklanjutinya. Dalam dua hari ini, perbaikan jembatan itu akan mulai dilakukan sehingga akhir Desember sudah bisa selesai.

“Dua hari ke depan jembatan ini sudah ada pelaksanaan perbaikan, minimal Minggu ini sudah ada mulai dilakukan perbaikan,” ujar Dwi. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved