Berita Blitar

Kasus Covid-19 di Kota Blitar Naik, Per Hari Rata-rata Ada Lima Kasus Baru

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar melaporkan rata-rata ada lima sampai 10 kasus baru konfirmasi positif Covid-19 tiap hari di Kota Blitar.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/samsul hadi/ahmad zaimul haq
Kepala Dinkes Kota Blitar, Dharma Setiawan (kiri) dan ilustrasi petugas medis mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap di tengah pandemi covid-19 (kanan) 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Blitar kembali meningkat belakangan ini.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar melaporkan rata-rata ada lima sampai 10 kasus baru konfirmasi positif Covid-19 tiap hari di Kota Blitar.

"Tiap hari ada laporan kasus konfirmasi positif Covid-19 di kota Blitar. Rata-rata tiap hari kami menerima laporan lima sampai 10 kasus baru konfirmasi positif Covid-19 di Kota Blitar," kata Kepala Dinkes Kota Blitar, Dharma Setiawan, Senin (21/11/2022).

Dharma mengatakan kasus baru konfirmasi positif Covid-19 itu terbagi dari warga Kota Blitar yang berdomisili di Kota Blitar dan warga Kota Blitar yang tinggal di luar Kota Blitar.

Baca juga: 12 Warga Lamongan Tertular Varian Baru Covid XBB, Dinkes : Tetap Patuh Protokol Kesehatan

"Temuan kasus baru konfirmasi positif Covid-19 kebanyakan dari hasil skrining di Rumah Sakit," ujarnya.

Dikatakannya, berdasarkan arahan dari pemerintah pusat, para warga yang dinyatakan positif Covid-19 diminta isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tapi, untuk warga yang mengalami gejala mengarah omicron seperti hilang indra penciuman dan indra perasa diminta segera periksa ke fasilitas pelayanan kesehatan.

"Sampai hari ini kami tidak terjadi outbreak untuk varian Omicron terutama subvarian XBB di Kota Blitar. Kami juga mengimbau warga terutama lansia yang belum vaksin booster agar mau vaksin booster," katanya.

Baca juga: Korban Meninggal Dunia Diduga Akibat Covid-19 Muncul Kembali di Kabupaten Malang

Ketua Satgas Covid-19 Kota Blitar, Priyo Suhartono mengimbau masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan karena kasus Covid-19 kembali meningkat.

Tapi, kata Priyo, Satgas Covid-19 belum berencana menggencarkan kembali operasi yustisi protokol kesehatan di masyarakat.

"Kasusnya memang tinggi lagi, itu terjadi hampir di semua daerah. Sementara kami beri imbauan terutama di tempat pelaku usaha dan instansi agar tetap menjaga prokes," katanya.

Dikatakannya, untuk fasilitas kesehatan di Kota Blitar sampai sekarang masih memadai. Pemkot Blitar juga belum berencana membentuk kembali tempat isolasi terpadu (Isoter).

"Ruang isolasi di Rumah Sakit masih cukup. Karena yang dirawat rata-rata lansia dan punya komorbit," ujarnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan data laporan harian Dinkes Kota Blitar menyebutkan ada 39 kasus aktif Covid-19 di Kota Blitar pada Minggu (20/11/2022).

Sedang jumlah komulatif kasus Covid-19 di Kota Blitar sampai sekarang mencapai 7.958 kasus dengan rincian 7.650 kasus sembuh dan 269 kasus meninggal dunia.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved