Berita Nganjuk

Terapkan Inovasi SREG, Polres Nganjuk Perkuat Keamanan Wilayah Dengan Tekankan Edukasi ke Masyarakat

sasaran SREG yang paling pokok adalah barang berbahaya seperti senjata tajam, senjata api, bahan peledak, miras dan narkoba

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Deddy Humana
surya/ahmad amru muiz
Jajaran Kepolisian bersama TNI melakukan penggeledahan terhadap barang bawaan pengendara motor dalam rangka implementasi program SREG. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Polres Nganjuk berinovasi dengan program SREG (Stop, Riksal, Edukasi dan Geledah) dalam menjalankan pengamanan wilayah. Hal itu sebagai tindak lanjut peningkatan dari kegiatan Patroli Sinergitas, Patroli Partnership dan Patroli Rayonisasi.

Kapolsek Warujayeng, Kompol Lilik Suharyono mengatakan, SREG digagas dan dibuat oleh Kapolres Nganjuk, AKBP Boy Jeckson Situmorang. Di mana program SREG merupakan aktualisasi upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Secara resmi program SREG disampaikan Bapak Kapolres Nganjuk saat anev para pejabat utama Polres dan Kapolsek jajaran Polres Nganjuk di Polsek Wilangan. Dan kami sebagai pelaksana di wilayah siap mengimplementasikannya," kata Lilik didampingi Kasi Humas Polres Nganjuk, Iptu Supriyanto, Minggu (20/11/2022).

Dikatakan Lilik, poin penting yang perlu digarisbawahi dalam program SREG yakni edukasi. Karena dengan edukasi saat pelaksanaan tugas kepolisian terutama pemeriksaan, razia dan penggeledahan, bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya upaya pencegahan setiap hal yang berpotensi menjadi pelanggaran atau aksi kriminalitas.

"Dan masyarakat sebagai objek pemeriksaan tidak menjadi anti atau alergi dengan upaya Kepolisian tersebut. Dengan adanya edukasi dan tindakan yang simpatik, kami berharap juga masyarakat mengerti. Terlebih menjadi simpati dan mendukung upaya yang dilakukan jajaran Kepolisian," urai Lilik.

Karena itu, ungkap Lilik, jika mendapati adanya polisi yang memberhentikan dan melakukan pemeriksaan terhadap pengguna jalan maka warga tidak perlu takut atau menyikapi kekhawatiran berlebihan. Warga cukup ikuti apa yang diarahkan dan jika ada yang tidak paham, bisa langsung ditanyakan.

"Sasaran pemeriksaan serta penggeledahan dalam program SREG yang paling pokok adalah barang berbahaya seperti senjata tajam, senjata api, bahan peledak, miras dan narkoba. Kegiatan itu dalam rangka mencegah hal-hal yang tidak diinginkan demi menjaga kondusifitas wilayah," ucap Lilik.

Sementara Kapolsek Nganjuk, Kompol Masherly Sutrisno mengatakan, dalam mengimplementasikan program SREG, pihaknya menggelar patroli mobiling di seputaran wilayah Kecamatan Nganjuk Kota. Kegiatan patroli itu digelar bersama Polsek Rayon 1. Yakni Polsek Nganjuk, Polsek Sukomoro, Polsek Bagor, dan Polsek Wilangan.

"Kegiatan Patroli tersebut dilakukan dengan melaksanakan program SREG Polres Nganjuk dalam rangka pemantapan kondusifitas wilayah," tutur Masherly. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved