Berita Nganjuk

Tangani Dampak Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, BPBD Nganjuk Siagakan Tim Reaksi Cepat

Dengan peralatan yang telah dipersiapkan, TRC BPBD siap setiap saat diturunkan untuk mengatasi dampak hujan dan angin kencang

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Deddy Humana
surya/ahmad amru muiz
Sejumlah pohon tumbang akibat hujan intensitas tinggi disertai angin kencang di Nganjuk yang langsung ditangani TRC BPBD sehingga aktifitas warga tidak terlalu lama terhambat. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah menyiagakan tim reaksi cepat (TRC) untuk menangani segera dampak hujan dan angin kencang. Ini setelah tingginya curah hujan disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Nganjuk telah mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Nganjuk, Abdul Wakid mengatakan, sejak awal pihaknya telah melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi bencana seiring datangnya musim hujan. Apalagi curah hujan yang tinggi tersebut seringkali disertai angin kencang.

"Dengan peralatan yang telah dipersiapkan, TRC BPBD siap setiap saat diturunkan untuk mengatasi dampak hujan dan angin kencang. Salah satunya evakuasi dan membersihkan pohon tumbang di jalan," kata Wakid, Jumat (18/11/2022).

Dijelaskan Wakid, hujan lebat disertai angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Nganjuk langsung direaksi TRC BPBD. Seperti yakni dilaporkan ada delapan pohon tumbang setelah hujan disertai angin kencang di Kecamatan Pace, Loceret, Rejoso, Baron, dan Tanjunganom.

Bahkan ada satu pohon tumbang yang sempat menimpa warga saat hujan lebat dan angin kencang melanda Kelurahan Warujayeng, Kecamatan Tanjunganom. "Alhamdulillah korban hanya mengalami luka-luka. Terjadi saat korban melintas mengendarai sepeda motor dan tiba-tiba ada pohon tumbang dan menimpanya," tutur Wakid.

Karena itu, melihat tingginya curah hujan dan seringkali disertai angin kencang, pihaknya mengimbau masyarakat untuk lebih waspada. Saat hujan deras, warga yang sedang dalam perjalanan diminta untuk berhenti dan berlindung di tempat aman.

BPBD Nganjuk, tambah Wakid, juga mengharapkan warga untuk memberikan informasi ke call center layanan darurat Command Center 081131181001 apabila terjadi musibah seperti pohon tumbang dan lainnya.

"Tim Reaksi Cepat BPBD Nganjuk siap bergerak melakukan tindak lanjut yang diperlukan untuk mengamankan kondisi sehingga aktifitas warga tidak terganggu," tandasnya. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved