Berita Tulungagung

Panitia Sebut Peserta Ilegal Penyebab Aksi Lempar Kursi saat Muspimnas PMII di Tulungagung

Massa juga berusaha mencegat Muhaimin Iskandar, Ketua Badan Pembina Nasional PMII yang akan keluar dari kampus

Penulis: David Yohanes | Editor: Deddy Humana
surya/david yohanes
Suasana ricuh di luar tenda area Muspimnas PMII di Kampus UIN Satu Tulungagung. 

SURYA.CO.ID, TULUNGAGUNG - Keributan terjadi saat pembukaan Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Kampus UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Kamis (17/11/2022). Bahkan terjadi aksi saling lempar kursi di barisan peserta yang duduk di sebelah Utara atau kiri.

Kericuhan terjadi saat Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi membacakan sambutan presiden. Banyak peserta yang lari keluar tenda tempat acara untuk menghindari kursi yang beterbangan.

Menurut Koordinator Panitia Lokal, Utri Suciati, kericuhan terjadi karena ada beberapa peserta ilegal. "Ada peserta ilegal dari koordinator cabang wilayah Indonesia Timur," terang Suci, panggilan akrabnya.

Saat ini peserta yang disebutnya ilegal sudah diamankan kepolisian. Suci mengaku menyiapkan tenaga pengamanan. Selain itu panitia juga berkoordinasi dengan Polres Tulungagung dan Polda Jawa Timur. "Semaksimal mungkin kepanitiaan menyukseskan Muspimnas," sambung Suci.

Sebelumnya peserta dari Indonesia Timur juga mengeluhkan sarana yang tidak memadai, seperti penginapan dan makanan. Suci mengaku sarana dan prasarana ada kekurangan. Namun panitia berusaha melakukan upaya semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik untuk peserta. Sebelumnya peserta dari Indonesia timur ingin bertemu langsung dengan ketua PB PMII.

Massa juga berusaha mencegat Muhaimin Iskandar, Ketua Badan Pembina Nasional PMII yang akan keluar dari kampus UIN Satu Tulungagung. Polres Tulungagung menyiapkan 1.250 personel untuk pengamanan Muspimnas PMII ini.

Jumlah ini selain personel Polres juga ada BKO dari Brimob dan Polda Jatim. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung hingga Kamis (24/11/2022). ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved