Berita Sidoarjo

9 Jenis Pajak di Sidoarjo Dibebaskan dari Denda Sampai Maret 2023, Mulai PBB sampai Pajak Hiburan

"Jika tidak ada pembebasan, ketika ada keterlambatan WP harus membayar denda 2 persen tiap bulan dari pokok pajak yang harus dibayarkan.

Penulis: M Taufik | Editor: Deddy Humana
surabaya.tribunnews.com/m taufik
DJP Bugar dengan tema GENJOT 10,5T yang digelar KPP Pratama Sidoarjo. 

SURYA.CO.ID, SIDOARJO - Kabar gembira bagi warga Sidoarjo yang punya tunggakan pajak. Sekarang sedang diadakan pemutihan atau pembebasan denda terhadap sembilan jenis pajak daerah yang menunggak.

Sembilan jenis pajak yang dibebaskan dari tunggakan antara lain, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), BPHTB, pajak air tanah, pajak parkir, pajak penerangan jalan, pajak reklame, pajak hotel, dan pajak hiburan.

“Program pembebasan pajak ini berlaku sejak 1 November 2022 sampai 31 Maret 3023 mendatang,” kata Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo, Ari Suryono, Rabu (16/11/2022).

Menurutnya, Wajib Pajak (WP) yang belum melakukan pembayaran atas pajak terutang sampai tahun Pajak 2022 bisa membayar tanpa dikenakan sanksi administratif atau berupa denda itu.

Pembebasan tersebut sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Sidoarjo Nomor 188/549/438.1.1.3/2022 tentang Penghapusan Sanksi Administratif Pajak Daerah dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke-164.

"Jika tidak ada pembebasan, ketika ada keterlambatan WP harus membayar denda 2 persen tiap bulan dari pokok pajak yang harus dibayarkan. Makanya ini sebaiknya dimanfaatkan," ujar Ari.

Melalui program ini, masyarakat diuntungkan karena tidak kena denda. Dan pemerintah juga diuntungkan karena pungutan pajak terutang bisa terselesaikan.

BPPD juga memfasilitasi banyak metode pembayaran yang menjangkau masyarakat baik online maupun offline. Seperti lewat Bank, e-commerce, minimarket hingga Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di tiap desa.

Harapannya, dengan upaya keringanan tersebut capaian realisasi sembilan pajak daerah juga turut terkerek. Saat ini, capaian realisasi sembilan pajak daerah di Sidoarjo sudah mencapai 98,24 persen atau sebanyak Rp 1,049 triliun.

Kurang 2 persen sudah mencapai target. “Melihat angka itu, jelas kami optimistis akhir tahun bisa tembus target. Bahkan lebih," jelasnya. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved