Berita Mojokerto

34.442 Warga Miskin di Kabupaten Mojokerto Mendapat Bantuan STB Gratis

Sebanyak 34.442 warga miskin di Kabupaten Mojokerto bakal mendapatkan bantuan Set Top Box (STB) untuk menangkap siaran televisi digital secara gratis.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Mohammad Romadoni
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto. 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Sebanyak 34.442 warga miskin di Kabupaten Mojokerto bakal mendapatkan bantuan Set Top Box (STB) untuk menangkap siaran televisi digital gratis.

Distribusi alat STB dari Pemerintah Pusat tersebut telah sebagian dibagikan sekitar 70 persen ke masyarakat miskin di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Lembaga Penyelenggara TV Swasta (LPS) membagikan STB secara gratis untuk  migrasi TV Analog ke TV Digital (ASO).

"Piranti STB dibagikan secara cuma-cuma, gratis untuk masyarakat tidak mampu dan di Kabupaten Mojokerto ada 34.442 keluarga miskin yang mendapatkan STB TV Digital," jelasnya Rabu (16/11/2022).

Ardi mengatakan, ada dua vendor yang membagikan STB di Kabupaten Mojokerto yaitu Nextron dan Evercoss. Nextron di tujuh kecamatan dan Evercoss mendistribusikan STB TV Digital di 11 kecamatan.

"Distribusi seluruhnya sudah 70 persen dan sisanya Evercross di 11 kecamatan distribusi sampai 14 November sudah 63 persen," jelasnya.

Piranti STB adalah alat yang berfungsi menerima siaran TV digital. Alat ini dibagikan gratis untuk warga miskin menyusul kebijakan Pemerintah yang  penghentian siaran TV Analog (Analog switch off) secara bertahap pada 30 April 2022.

Sedangkan, bagi warga mampu di Kabupaten Mojokerto tentunya telah  menggunakan SmartTV bukan lagi TV analog.

"Masyarakat yang mampu tentunya TV  sudah Smart TV bukan analog, tanpa STB sudah bisa," ucap Ardi.

Ardi yang juga menjabat sebagai Plt Dispendik Kabupaten Mojokerto ini menambahkan, pihaknya mengimbau seluruh kepala desa agar turut mendukung program pembagian STB ini dan menginformasikan jika ada penerima yang pindah maupun telah meninggal sehingga dapat digantikan ke keluarga miskin lain.

"Sudah banyak laporan kepala desa terkait pembagian STB ini, dari indikator itu saya yakin informasi TV digital sudah menyebar ke masyarakat Kabupaten Mojokerto. Kita  harus siap berubah dan memang juga siaran digital kualitas gambar lebih bagus," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved