Berita Probolinggo

Dinas Perikanan Gelar Sosialisasi Diversifikasi Usaha pada Nelayan di Kabupaten Probolinggo

Sosialisasi ini dilaksanakan di Pantai Bandaran Desa Dringu Kecamatan Dringu, Pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton

Foto Istimewa Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo
Puluhan nelayan Kabupaten Probolinggo saat sosialisasi diversifikasi usaha nelayan, Senin (14/11/2022). 

SURYA.CO.ID, PROBOLINGGO - Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi diversifikasi usaha nelayan dalam kegiatan pemberdayaan nelayan kecil di Kabupaten Probolinggo.

Sosialisasi ini dilaksanakan di Pantai Bandaran Desa Dringu Kecamatan Dringu, Pantai Duta Desa Randutatah Kecamatan Paiton dan Bumi Harmony Desa Binor Kecamatan Paiton.

Sebanyak 30 orang nelayan bersama istri mengikuti kegiatan ini.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi Kebijakan Perikanan Dalam Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan dari Diskan Kabupaten Probolinggo serta Pemanfaatan Kulit Kerang untuk Kerajinan dari P2MKP (Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan) Permatasari Situbondo.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Diskan Kabupaten Probolinggo, Hari Pur Sulistiono mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, ketrampilan dan motivasi kepada nelayan atau istri nelayan untuk mengembangkan usahanya melalui diversifikasi usaha.

"Tujuannya mewujudkan diversifikasi usaha bagi nelayan/istri nelayan dalam meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan," katanya, Senin (14/11/2022).

Menurutnya, cuaca ekstrem yang terjadi setiap pergantian musim, membuat nelayan tidak bisa melaut karena gelombang tinggi.

Di tengah kondisi paceklik ini menyebabkan para nelayan tidak memiliki sumber penghasilan selain dari hasil tangkapan melaut.

"Diversifikasi usaha nelayan Kabupaten Probolinggo masih tergolong rendah. Dari 12.054 nelayan hanya 75 orang yang memiliki mata pencaharian alternatif," jelasnya.

Ia menerangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo berupaya meningkatkan pemberdayaan nelayan melalui kegiatan pengembangan dan diversifikasi usaha nelayan.

"Hal ini untuk meningkatkan pendapatan nelayan dan mengurangi risiko ketergantungan mata pencaharian tunggal melalui aktifitas penangkapan ikan," tandasnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved