Berita Gresik

Teras Pendopo Rumah Dinas Bupati Gresik Mendadak Roboh, Diduga Karena Tiang Penyangga Rapuh

bangunan teras pendopo rumah bupati roboh akibat diterjang angin kencang, banyak sampah daun di atas genteng dan tiang rapuh.

Penulis: Sugiyono | Editor: Deddy Humana
surya/mochamad sugiyono
Bangunan teras pendopo Bupati Gresik roboh dan sudah dibersihkan petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gresik, Minggu (13/11/2022). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Teras pendopo di rumah dinas Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) di Alun-alun Jalan KH Wachid Hasyim, Gresik mendadak roboh, Minggu (13/11/2022). Tidak diketahui pasti penyebab robohnya teras pendopo itu, namun kejadian itu hampir menimpa dua orang yang kebetulan berteduh di dekatnya.

Dari informasi yang dihimpun, teras pendopo Bupati Gresik roboh sekitar pukul 14.30 WIB. Saat kejadian, cuaca sedang gerimis dan angin kencang. Ditambah banyak daun-daun pohon beringin di atas genteng dan diduga tiang penyangga sudah keropos.

"Tiba-tiba atap teras pendopo roboh, padahal tidak ada angin dan hujan. Untung dua orang yang sedang duduk di bawah teras pendopo langsung lari, sehingga tidak sampai terluka," kata Imam S Arifin, sopir odong-odong mainan anak-anak yang mangkal di Alun-Alun Gresik.

Kejadian itu begitu cepat, dan diperkirakan akibat tiang penyangga pendopo rapuh karena memang sudah sangat tua. Tim Perlengkapan Umum Kabupaten Gresik pun bergerak cepat, puing-puing reruntuhan bangunan teras pendopo tersebut langsung dirapikan bersama petugas Dinas Pemadam Kebakaran.

"Tim dari Dinas Pemadam Kebakaran langsung diperintahkan untuk memindahkan puing-puing bangunan yang roboh," kata M Sabikhul, petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Gresik.

Menurut Sabikhul, bangunan teras pendopo rumah bupati roboh akibat diterjang angin kencang, banyak sampah daun di atas genteng dan tiang penyangga sudah rapuh.

Ada dua atap yang roboh, yaitu bagian Timur dan Tengah. Sehingga, masih ada dua teras pendopo yang berdiri. Namun oleh petugas pemadam kebakaran langsung dipasang garis larangan melintas, agar tidak ada korban jiwa. "Tidak ada korban jiwa. Terkait jumlah kerugian sekitar ratusan juta," katanya.

Sementara Kepala Bagian Umum Kabupaten Gresik, Setijo Hermawan mengatakan, robohnya teras pendopo bupati ini akan segera diperbaiki. "Akan kita segera perbaiki," kata Hermawan. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved