Pemilu 2024

KPU Kota Blitar Ajak Pemilih Pemula Cegah Hoaks dalam Penyelenggaraan Pemilu 2024

KPU Kota Blitar mengajak para generasi milenial ikut bagian dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/samsul hadi
Suasana sosialisasi tahapan Pemilu 2024 kepada para pemilih pemula di Kota Blitar, Sabtu (5/11/2022). 

SURYA.CO.ID, BLITAR - KPU Kota Blitar mengajak para generasi milenial ikut bagian dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Para generasi milenial yang akrab dengan ruang digital bisa menjadi relawan membantu KPU mencegah berita bohong atau hoaks dan ujaran kebencian dalam proses pelaksanaan Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya di sela-sela sosialisasi tahapan Pemilu 2024 kepada pemilih pemula, Sabtu (5/11/2022).

Sosialisasi tahapan Pemilu 2024 untuk pemilih pemula diikuti puluhan pelajar setingkat SMA di Kota Blitar.

"Tidak hanya sekadar sosialisasi, kami juga mengajak para pemilih pemula yang termasuk generasi milenial ikut menjadi bagian relawan untuk mencegah hoaks dan ujaran kebencian dalam pelaksanaan Pemilu 2024," kata Rangga.

Selain itu, Rangga berharap, ke depan, para pemilih pemula juga bisa menjadi bagian penyelenggara Pemilu, minimal menjadi anggota pemungutan suara atau KPPS di TPS.

"Sosialisasi tahapan Pemilu 2024 kepada pemilih pemula ini merupakan segmen terakhir, sebelumnya kami sudah mengadakan sosialisasi untuk segmen disabilitas dan segmen perempuan," ujarnya.

Rangga mengatakan pemilih pemula yang termasuk generasi milenial menjadi salah satu pemilih mayoritas dalam Pemilu 2024.

Jumlah pemilih pemula sekitar tujuh persen dari daftar pemilih berkelanjutan (DPB) Pemilu 2024 di Kota Blitar.
Jumlah DPB Pemilu 2024 Kota Blitar sekitar 115.000 jiwa.

"Tapi, jumlah generasi milenial sampai rentang usia 30 tahun di Kota Blitar sekitar 30 peraen dari jumlah daftar pemilih," katanya.

Untuk itu, Rangga mengajak para pemilih pemula yang termasuk generasi milenial menjadi bagian dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Kami punya tagline Pemilu 2024, yakni, pemilu sebagai sarana integrasi bangsa. Dalam mewujudkan proses itu, kami butuh peran serta generasi milenial yang akrab dengan ruang digital," katanya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved