Brigadir J Ditembak di Rumah Jenderal

GERAK-GERIK Susi ART Ferdy Sambo Dianalisis Pakar Mikro Ekspresi, Ungkap Tanda-tanda Kebohongan

Berikut analisis pakar mikro ekspresi terkait gerak-gerik Susi ART Ferdy Sambo saat bersaksi dalam sidang pembunuhan Brigadir J.

Kolase tangkap layar Youtube
Susi ART Ferdy Sambo. Gerak-gerik Susi ART Ferdy Sambo Dianalisis Pakar Mikro Ekspresi. 

SURYA.co.id - Asisten Rumah Tangga (ART) Ferdy Sambo, Susi, jadi sorotan publik karena kesaksiannya dalam sidang Bharada E terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

Kebohongan Susi ART Ferdy Sambo tampak jelas, bahkan hakim juga yakin bahwa Susi berbohong.

Gerak-gerik Susi pun dianalisis oleh Pakar Gestur dan Mikro Ekspresi, Monika Kumalasari.

Melansir dari tayangan Kompas TV, Monika menilai, saat Susi menjawab pertanyaan dari majelis hakim, ia tidak banyak menampilkan emosi yang rileks, justru dari ekspresi Susi terlihat ada gerakan mata mencari-cari.

Menurut Monika, kondisi tersebut dinamakan dengan mental search, atau kondisi saat berusaha untuk mengingat sesuatu yang sudah terjadi dan juga berusaha mengkonstruksi sesuatu yang ingin disampaikan dengan cara labih baik.

Atau bisa juga berusaha untuk menyampaikan sesuatu sesuai dengan masukan-masukan dari berbagai pihak sebelumnya.

"Dalam menjawab dari majelis hakim, Susi tidak banyak menampilkan emosi yang rileks, tetapi justru dari ekspresinya yang terlihat adalah gerakan mata mencari-cari."

"Ini adalah kondisi yang dinamakan dengan mental search, berusaha untuk mengingat hal-hal yang sudah terjadi dan juga berusaha untuk mengkonstruksi sesuatu yang ingin disampaikan dengan cara lebih baik."

"Atau mungkin dengan cara yang sudah dengan masukan-masukan dari berbagai pihak," kata Monika, Jumat (4/11/2022).

Lebih lanjut Monika pun menyinggung soal syarat dari kejujuran, yakni adanya spontanitas, rileks, dan konsistensi dari apa yang disampaikan.

"Dan kembali lagi bahwa syarat dari kejujuran adalah adanya spontanitas, adanya rileks, dan juga konsisten terhadap apa yang disampaikan," imbuhnya.

Monika juga menyebut jika majelis hakim beberapa kali mengatakan bohong kepada Susi di persidangan.

Baca juga: 5 FAKTA Pesan Suami Susi ART Ferdy Sambo Setelah Lihat Istrinya di TV: Kalau Gak Jujur Ya Hancur

Menurut Monika, hal tersebut mengindikasikan bahwa Hakim mengerti jika dalam kesaksian Susi tidak terdapat spontanitas dan konsistensi.

"Majelis hakim beberapa kali mengatakan 'bohong' pada saat pemeriksaan saksi Susi. Hal ini mengindikasikan apa? Ada dua aspek psikologis dari kejujuran. Pertama adanya spontanitas, dan kedua konsistensi."

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved