Berita Mojokerto

Diguyur Hujan Intensitas Tinggi, 2 Kecamatan di Mojokerto Terendam Banjir Akibat Luapan Air Sungai

Intensitas hujan deras menyebabkan sejumlah sungai meluap dan membanjiri permukiman warga di Kecamatan Mojoanyar dan Kecamatan Bangsal, Mojokerto.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Cak Sur
Istimewa/BPBD Kabupaten Mojokerto
Kondisi banjir yang merendam desa di Kecamatan Mojoanyar dan Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Rabu (2/11/2022). 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Intensitas hujan deras menyebabkan sejumlah sungai meluap hingga membanjiri permukiman warga di wilayah Kecamatan Mojoanyar dan Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto.

Dampak luapan Sungai Avour Sadar membanjiri wilayah Desa Gebangmalang dan Desa Gayaman, merendam jalan desa dan permukiman ketinggian air sekitar 10 sentimeter.

Banjir juga merendam sekitar lebih dari 10 rumah penduduk Dusun Damarsi, Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, Djoko Supangkat menjelaskan, wilayah Kabupaten Mojokerto dilanda hujan lebat mulai pukul 17.30 WIB hingga 02.00 WIB pada Selasa (1/11/2022).

Hujan intensitas deras itu mengakibatkan sungai meluap di wilayah Kecamatan Mojoanyar, sekitar pukul 23.45 WIB.

"Dampak banjir di dua desa di Kecamatan Mojoanyar, genangan di jalan desa sekitar 10 sentimeter. Sedangkan genangan di dalam rumah sudah surut," jelasnya, Rabu (2/11/2022).

Paling parah banjir akibat peningkatan debit air Sungai Sumberngrayung di Desa Salen, Kecamatan Bangsal. Luapan sungai juga mengakibatkan kebocoran tanggul di sungai desa tersebut.

Banjir luapan sungai di dua dusun, Desa Salen yakni menggenangi jalan setinggi 20-30 sentimeter dan lahan pertanian tanaman kedelai seluas kurang lebih 10 hektare.

"Luapan sungai berdampak di Dusun Semangi, ketinggian air di jalan sekitar 20 sentimeter dan lahan pertanian tanaman kedelai 15 hektare, rumah nihil," ucap Djoko.

Menurutnya, genangan air mulai surut perlahan sekitar pukul 11.00 WIB.

Sedangkan, hasil monitoring di lokasi terdampak banjir membutuhkan perbaikan, terutama tanggal Sungai Sumberngrayung yang bocor 

"Perbaikan membutuhkan karung untuk tanggul sungai yang bocor," ungkapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved