Berita Mojokerto

Bupati Mojokerto Ikfina Lantik 41 Kepala Desa Terpilih Hasil Pilkades Serentak Periode 2022-2028

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengesahkan dan melantik 41 Kepala Desa terpilih hasil Pilkades serentak Tahun 2022.

surya.co.id/mohammad romadoni
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat melantik 41 kepala desa periode 2022-2028, di Pendopo Graha Majatama, Pemkab Mojokerto, Rabu (2/11/2022). 

SURYA.CO.ID, MOJOKERTO - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengesahkan dan melantik 41 Kepala Desa terpilih hasil Pilkades serentak Tahun 2022.

Pengambilan sumpah dan pelatikan kepala desa terpilih periode 2022-2028 tersebut dilaksanakan di Pendopo Graha Majatama, Pemkab Mojokerto, Rabu (2/11).

Pengesahan dan pengangkatan jabatan kepala desa terpilih hasil Pilkades sesuai dengan Keputusan Bupati Mojokerto Nomor 188.45/573/HK/416-012/2022.

"Kepada 41 kepala desa yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dan kewajiban sesuai dengan kewenangan yang amanah, adil, jujur dan bermartabat," ucap
Bupati Ikfina.

Menurut Ikfina, otonomi daerah telah memberikan keleluasaan dan kewenangan bagi Pemerintah Daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan urusan rumah tangga daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan termasuk dalam penyelenggaraan Pilkades serentak ini.

Apalagi, penyelenggaraan Pilkades serentak pada 14 September 2022 lalu berlangsung kondusif hingga pelantikan kepala desa.

Disisi lain Pemkab memiliki kewajiban untuk mendorong otonomi desa yang berada di wilayahnya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di desa-desa.

"Pemerintah Daerah juga berkewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi desa sehingga penyelenggaraan pemerintahan desa dapat mencapai tujuannya yakni meningkatkan pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Ia mengatakan Pilkades yang diatur perundang-undangan, mekanisme dan persyaratan ini dapat mewujudkan kepala desa berkualitas.

Sehingga kepala desa pilihan rakyat yang baru dilantik ini terbukti berkompeten, mumpuni dan kepemimpinannya memahami kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan desa serta masyarakat.

"Kepala desa tidak hanya mendapatkan legitimasi dari masyarakat namun juga mempunyai kemampuan manajerial yang efisien dan efektif. Karena itu sesungguhnya kepala desa mengemban amanat yang tidak ringan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa," ungkapnya.

Bupati Ikfina menegaskan kepala desa harus bisa menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks dan dinamis.

Tak hanya itu, kepala desa juga harus bisa menempatkan diri diatas semua kepentingan masyarakat demi membangun dan memajukan desa serta menjalin komunikasi harmonis seluruh stakeholder BPD dan lembaga-lembaga di wilayah desa.

"Saya berpesan kepala desa yang baru saja dilantik bahwa pengelolaan keuangan desa harus dipergunakan dan dipertanggung jawabkan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," pungkasnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved