Berita Malang Raya

Sosok Bima Aminul Karim, Pemuda Asal Malang yang Terpilih Jadi Pemuda Inspiratif Jawa Timur

Pemuda Asal Donomulyo Kabupaten Malang Ini menggagas penggerak UMKM melalui paguyuban UMKM Donomulyo Maju Bersama (Domasa).

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa
Bima Aminul Karim saat menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Alun-alun Madiun pada Rabu 28 Oktober 2022 

SURYA.CO.ID, MALANG - Bima Aminul Karim pemuda desa asal. Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang terpilih menjadi Pemuda Inspiratif Provinsi Jawa Timur tahun 2022, sebuah ajang yang diseleranggarakan Pemprov Jawa Timur.

Bima menggagas penggerak UMKM melalui paguyuban UMKM Donomulyo Maju Bersama (Domasa).

Ia mengkolaborasikannya dengan sektor pariwisata Modangan Sport Tourism yang ada di Donomulyo.

Baca juga: Cerita Umar Syaroni Jadi Pemuda Inspirator Untag Surabaya yang Sempat Terima Diskriminasi

"UMKM di bidang makanan dan minuman, batik tulis, pembuatan roti, kerajinan. UMKM berdiri sejak 2019 berama donomulyo maju bersama yang dikenal sebagai Donomulyo Maju Bersama (DOMASA)," terang Bima ketika dikonfirmasi, Senin (31/10/2022).

Menurut Bima, produk UMKM di wilayah Kecamatan Donomulyo telah berupaya menembus pasar luar negeri.

Baca juga: Baru Dirintis 1,5 Tahun, Desa Wisata Pandean Trenggalek Berkembang Terbaik di Tanah Air

"Pemasaran sudah ada yang export ke luar negeri ke negara-negara ASEAN seperti produk media tanam yang berasal dari sepet kelapa," ujar pria yang menjadi bagian dari KNPI Kabupaten Malang ini.

Pemuda yang pernah menajdi juara 1 Duta Generasi Berencana Tingkat Nasional 2017 ini juga aktif mendirikan sebuah wadah untuk anak muda agar peduli kesehatan, melalui Women And Man Indonesia Center (WEMINAC).

"Terima kasih kepada pemerintah kabupaten malang dinas pemuda dan olahraga, para senior Tokoh pemuda organisasi kemasyarakatan pemuda serta masyarakat kabupaten malang yang sudah mendukung selama ini," kesannya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved